Tak Cuma Memanaskan, Microwave Juga Bisa Dipakai Memasak Makanan

Kompas.com - 11/11/2020, 18:16 WIB
Ilustrasi memanaskan makanan dalam plastik dengan microwave. Ilustrasi memanaskan makanan dalam plastik dengan microwave.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada dasarnya, microwave memiliki fungsi tunggal untuk memanaskan atau menghangatkan makanan dengan memanfaatkan radiasi gelombang mikro.

Gelombang tersebut kemudian diserap oleh molekul air dan zat-zat lain di dalam makanan, yang menyebabkan mereka bekerja untuk memanaskan makanan.

Jika kamu berpikiran kalau microwave merupakan alat elektronik untuk memanaskan atau menghangatkan makanan, anggapan tersebut sebenarnya tidaklah salah.

Baca juga: Panduan Mudah Membersihkan Microwave

Namun, semakin berkembangnya inovasi teknologi telah membuat microwave saat ini memiliki fungsi lain, tak sekedar untuk memanaskan atau menghangatkan makanan lagi.

Hal itu disampaikan oleh Product Strategic Group Assistant General Manager Home Appliances PT. Sharp Electronic Indonesia, Andrew Gultom, dalam virtual press conference and launching Sharp Healsio Superheated Steam Oven yang diikuti Kompas.com, Rabu (11/11/2020).

"Kita coba terus melakukan aktivitas bagaimana mengedukasi sebetulnya. Dulu, memang microwave itu hanya menghangatkan, itu betul. Tapi tidak berlaku untuk sekarang," jelas Andrew.

Andrew mengatakan kalau ia telah banyak berdiskusi dengan tim di perusahaannya agar microwave saat ini multifungsi, sehingga satu barang elektronik punya banyak kegunaan.

Baca juga: Mau Memasak Pakai Kompor Induksi? Ini Keuntungannya

Ia berharap masyarakat tahu bahwa tren dari microwave semakin lama semakin berubah.

"Jadi microwave bukan cuma hanya menghangatkan makanan, mereka juga sudah mulai (dipakai) memasak, mencoba menu ini itu," tambah Andrew.

Bisa dikatakan bahwa pengembangan teknologi yang ditanamkan ke microwave saat ini adalah penggabungan dari fungsi microwave dan juga oven.

Oven sendiri memiliki fungsi  untuk memasak, memanggang atau membakar makanan sampai matang, tetapi tidak bisa untuk menghangatkan makanan.

 

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X