Kompas.com - 15/11/2020, 15:00 WIB
Ilustrasi berkebun di rumah, tanaman. Shutterstock/Christine BirdIlustrasi berkebun di rumah, tanaman.

JAKARTA, KOMPAS.com - Demam tanaman hias tengah melanda masyarakat di tengah pandemi virus corona.

Bagaimana tidak, aktivitas yang kini harus banyak dilakukan di rumah membuat kegiatan merawat tanaman hias menjadi obat kebosanan.

Merawat dan mengoleksi tanaman hias berarti harus memperhatikan nutrisi bagi tanaman, termasuk memberikan pupuk dan vitamin. Tujuannya tentu saja agar tanaman hias dapat tumbuh dengan baik.

Baca juga: Micin Bisa Suburkan Tanaman, Begini Caranya

Nah, pupuk bagi tanaman dapat berupa pupuk alami dan pupuk buatan. Pupuk alami bukan cuma berasal dari pupuk kandang, namun juga sejumlah bahan sisa atau sampah organik di rumah.

Apa saja? Dikutip dari Urban Garden Gal, Minggu (15/11/2020), berikut 6 pupuk alami yang biasa dijumpai di rumah yang bisa menjadi pupuk alami untuk tanaman hias.

1. Kulit pisang

Umumnya kulit pisang langsung dibuang ke tempat sampah. Akan tetapi, sebenarnya kulit pisang bisa menjadi pupuk alami bagi tanaman hias.

Sebab, kulit pisang kaya akan potassium dan mengandung nitrogen, fosfor, dan magnesium.

Ada beberapa cara menjadikan kulit pisang sebagai pupuk untuk tanaman. Pertama, kamu bisa langsung letakkan kulit pisang pada tanah di pot, atau timbun dengan sedikit tanah setelah diletakkan di pot.

Baca juga: Obat Sakit Kepala Bisa Bikin Anggrek Subur dan Rajin Berbunga

Kamu juga bisa mengiris kulit pisang menjadi kecil-kecil, lalu campurkan dengan tanah atau media tanam sebelum ditempatkan di pot. Cara lain, campurkan kulit pisang dan air, kemudian jadikan pupuk cair alami untuk tanaman.

2. Cangkang telur

Cangkang telur juga bisa menjadi pupuk alami yang baik untuk tanaman hias indoor. Pasalnya, cangkang telur kaya akan kalsium dan dapat membantu menurunkan tingkat keasaman tanah.

Cangkang telur pun mengandung fosfor dan mineral lainnya yang membantu pertumbuhan tanaman.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X