Kompas.com - 13/11/2020, 10:57 WIB
Ilustrasi tanaman di dalam rumah SHUTTERSTOCK/New AfricaIlustrasi tanaman di dalam rumah

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada beragam cara yang bisa dilakukan seseorang untuk membuat tanaman  tumbuh subur, salah satunya menggunakan micin alias penyedap rasa atau Monosodium Glutamat (MSG).

Ya, mungkin kamu akan kaget dan tak yakin apabila bahan penyedap makanan memiliki manfaat baik bagi tanaman. Tapi, itu memang kenyataan.

Dikutip dari video Youtube Tanaman Rumah, Jumat, (13/11/2020), micin baik untuk kesuburan tanaman yang ada di pekarangan rumah, seperti tanaman pangan, buah, tanaman hias bunga, dan tanaman lainnya yang terdapat di polybag.

Baca juga: Obat Sakit Kepala Bisa Bikin Anggrek Subur dan Rajin Berbunga

Selain menyuburkan, micin juga bermanfaat untuk mencegah daun rontok, mempercepat tumbuhnya bunga, membuat daun hijau dan segar, serta memperkuat akar tanaman.

Terdapat alasan mengapa micin bisa baik untuk pertumbuhan tumbuhan. Irfan, selaku pegiat tanaman dalam video tersebut mengatakan bahwa terdapat kandungan micin yang berpengaruh untuk kesuburan tanaman.

"Micin atau MSG ini memiliki kandungan kalium dan natrium, yang mana kandungan tersebut baik buat pertumbuhan tanaman," jelas Irfan.

Sebelum mengaplikasikan micin ke tanaman untuk pertumbuhan yang subur, selayaknya pemilik tanaman sudah melakukan perawatan secara baik dan benar.

Baca juga: Kenali Hama dan Penyakit pada Tanaman Alocasia

Tips menyuburkan tanaman menggunakan micin

Untuk menyuburkan tanaman menggunakan micin terdapat dua metode, yakni disemprot dan dikocor alias menyiram bagian bawah tanaman.

Cara disemprot

Untuk cara disemprot, kamu perlu menyiapkan alat penyemprot tanaman berukuran 2 liter atau lebih, 2 liter air dan juga micin.

Masukkan 2 liter air ke alat penyemprot tanaman. Lalu masukkan micin sebanyak 8 gram atau sekitar setengah sendok makan lebih. Larutkan air dan micin hingga merata.

Setelah selesai, semprotkan larutan air dan micin pada tanaman yang belum memiliki bunga dan buah. Lakukan penyemprotan tanaman menggunakan larutan micin di pagi hari.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X