Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/11/2020, 08:03 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Duduk bersantai di teras atau taman rumah yang dihiasi tanaman memang menyenangkan. Namun, kenyamanan bisa terganggu dengan adanya nyamuk dan serangga.

Akan tetapi, masalah nyamuk dan serangga di teras dn taman itu kerap kali kurang tepat diatasi dengan menyemprotkan pembasmi nyamuk. Bisa-bisa kesehatan tanaman terganggu.

Ada cara alami yang bisa dilakukan untuk membasmi nyamuk dan serangga, baik di taman, teras, maupun di dalam ruangan. Tempatkan tanaman hias yang mampu mengusir nyamuk dan serangga.

Baca juga: 8 Tanaman Hias yang Cocok di Dalam Ruangan dan Cara Merawatnya

Apa saja? Dilansir dari Real Simple, Senin (9/11/2020), berikut ini tanaman hias yang mampu mengusir nyamuk dan serangga.

1. Petunia

Tanaman hias bunga petunia dikenal sebagai pestisida alami. Sebab, petunia mampu mengusir kutu daun, cacing tanduk, kumbang asparagus, hingga wereng.

"Petunia tumbuh dengan sangat mudah. Anda bisa menanamnya di tanah atau pot," kata Peyton Lambton, pakar gaya hidup.

Lambton menjelaskan, petunia senang dengan sinar matahari. Ia menyarankan agar petunia ditempatkan di area yang terkena sinar matahari penuh dan tanah yang subur.

Baca juga: Mau Tidur Nyenyak? Tempatkan 7 Tanaman Hias Ini di Dalam Kamar

2. Lavender

"Lavender memiliki aroma yang harum yang tidak disukai nyamuk," ungkap Carmen Johnston, pakar tanaman gaya hidup.

Ia menjelaskan, lavender pun memiliki daun dengan warna ungu yang khas dan cantik. Lavender tumbuh dengan baik di area yang terkena sinar matahari langsung dan kering.

Di balik kecantikanya, terdapat zat linalool dan lynalyl acetate dalam Lavender yang tidak disukai nyamuk.lavender connection Di balik kecantikanya, terdapat zat linalool dan lynalyl acetate dalam Lavender yang tidak disukai nyamuk.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com