Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anjing Peliharaan Menggonggong Terus? 7 Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Kompas.com - 10/11/2020, 10:18 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Honestpaws

JAKARTA, KOMPAS.com - Rengekan anjing peliharaan yang membuat mereka terus-terusan mengonggong terkadang dapat menjadi hal mengganggu dan menguji kesabaran pemiliknya, terlebih jika berlangsung tanpa henti.

Namun, saat anjing terus menerus merengek ada kemungkinan kalau mereka benar-benar mencoba berkomunikasi denganmu, dan seringkali pesannya bisa menjadi pesan yang sangat penting.

Untuk itu, jangan salah mengartikan upaya yang dilakukan anjing peliharaanmu saat mereka merengek.

 

Baca juga: 7 Tips Aman Pelihara Anjing dan Kucing di Rumah

Dengan lebih memerhatikan perilaku anjingmu, kamu akan dapat mengetahui mengapa dia begitu gigih merengek sepanjang waktu.

Berikut tujuh alasan mengapa anjing peliharaanmu mungkin merengek yang dilansir dari Honest Paws, Selasa, (10/11/2020).

1. Perilaku menyapa

Anjing peliharaan dapat merengek sebagai cara mereka untuk menyalurkan semangatnya. Perilaku ini mungkin terjadi saat mereka menunggu camilan, mengharapkan waktu makan, atau menyapa sahabat mereka, yakni pemiliknya.

2. Perilaku tunduk

Anjing membutuhkan cara untuk menunjukkan bahwa mereka tidak bermaksud jahat dan datang dengan damai, baik itu terhadap sesama anjing, kucing galak di sebelah rumah, atau orang baru dan asing.

Baca juga: 7 Hal ini Ternyata Tidak Disukai Anjing Peliharaan

Jika anjing peliharaanmu berperilaku buruk dan tahu bahwa mereka dalam masalah, mereka mungkin merengek sebagai sikap permintaan maaf dan untuk menghindari omelan.

Postur tubuh yang tunduk biasanya akan menyertai rengekan mereka. Ini bisa termasuk menyelipkan ekor ke dalam, menurunkan tubuh, menundukkan kepala, atau mengalihkan pandangan.

3. Mencari perhatian atau menginginkan sesuatu

Jika suara rengekan anjingmu menyertai waktu kamu makan, kemungkinan besar mereka menginginkan potongan yang enak dari piringmu. Meredakan perilaku ini dan memberi makan anjingmu dari meja bisa menjadi kebiasaan yang sulit dihentikan.

Seekor anjing yang merengek juga bisa menggunakan kekuatan manipulasinya untuk menarik perhatianmu. Mereka mungkin setelah berjalan-jalan, makan, atau kasih sayang.

Selain itu, anak anjing Anda juga bisa mengingatkan Anda akan kebutuhannya untuk istirahat di toilet. Dalam hal ini, rengekan merupakan komunikasi efektif yang dapat diselesaikan dengan mudah.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber Honestpaws
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com