Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kenali 10 Tanda Kucing dan Anjing Peliharaan Sakit

JAKARTA, KOMPAS.com - Baik anjing maupun kucing, mereka tidak akan pernah bisa memberi tahu secara lisan tentang sesuatu yang mereka alami. Dua hewan peliharaan di atas rentan terhadap beberapa masalah fisik.

Jadi, kamu harus waspada tentang cara untuk mengetahui apakah anjing atau kucing peliharaanmu sakit atau tidak. Bagaimana cara mengetahui apakah hewan peliharaan milikmu sakit?

Pasti ada beberapa gejala yang harus diperhatikan pada hewan peliharaanmu jika mereka menghadapi masalah apa pun. Mereka mungkin bertingkah aneh atau kehilangan nafsu makan.

Berikut beberapa cara untuk mengetahui apakah anjing atau kucingmu sakit. Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut, dilansir dari beberapa sumber, Sabtu (14/11/2020).

1. Perilaku aneh

Setiap perubahan mendadak dalam perilaku anjing maupun kucing dapat menandakan ketidaknyamanan fisik pada dua hewan tersebut.

Dalam kasus anjing, mereka mungkin kehilangan minat untuk berjalan-jalan atau bermain. Sementara kucing bisa menjadi ganas tanpa alasan.

2. Perubahan fisik

Perubahan fisik akan lebih jelas daripada perubahan perilaku. Hewan peliharaanmu harus berbau bersih dan matanya terlihat cerah. Bulunya harus bersih berkilau dan tidak rontok.

Jika sofa dan lantaimu berserakan bulu atau kamu melihat ada perubahan berat badan secara tiba-tiba, berkonsultasilah dengan dokter hewan sedini mungkin.

3. Kehilangan nafsu makan

Apakah hewan peliharaanmu tidak makan apa-apa? Mungkin alasannya sepele. Tapi, apabila kurang nafsu makan mereka berlangsung lama, pasti ada beberapa masalah. Ini adalah cara mudah mengetahui apakah hewan peliharaanmu sakit.

4. Masalah pernapasan

Apa cara khusus untuk mengetahui apakah hewan peliharaanmu sakit? Pernahkah kamu memerhatikan hewan peliharaanmu bersin, batuk, atau kesulitan bernapas dengan benar?

Gejala ini memicu masalah pernapasan hewan peliharaan. Mereka mungkin mengalami infeksi dada. Oleh karena itu, perhatian medis diperlukan.


5. Kehilangan rasa haus

Hewan peliharaan mungkin menolak makan atau bahkan menolak untuk minum. Dalam kasus seperti itu, pasti ada masalah serius di sana.

Dehidrasi pada hewan dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan yang serius, yang dapat terjadi dalam waktu 18 jam jika hewan peliharaan tidak minum cukup air.

6. Muntah

Bagaimana cara mengetahui apakah hewan peliharaanmu sakit? Membuang hal-hal yang tidak disukai hewan peliharaan bukanlah masalah serius.

Namun, kamu harus berhati-hati jika hewan peliharaanmu sering muntah. Penyebab muntah pada kucing dan anjing bisa jadi karena kerusakan ginjal, infeksi virus, atau memiliki sesuatu yang beracun.

7. Diare

Muntah dengan diare adalah masalah yang serius. Mungkin diare pada anjing biasa terjadi, tetapi jika terjadi lebih dari 2-3 kali maka perlu berkonsultasi dengan dokter hewan.

8. Sering menggaruk

Jika kamu melihat hewan peliharaanmu menggaruk terus-menerus, itu berarti mereka telah terpengaruh oleh tungau atau kutu.

Untuk mengatasi parasit ini, kamu bisa memandikan hewan peliharaanmu dengan perawatan komersial ke salon hewan.

9. Frekuensi buang air kecil naik atau turun

Sering buang air kecil atau tidak pernah sama sekali menjadi tanda lain yang mengindikasikan anjing dan kucing memiliki gangguan penyakit.

Saat hewan peliharaan banyak minum dan buang air kecil, ada kemungkinan mereka mengalami diabetes, penyakit hati atau ginjal, serta penyakit kelenjar adrenal.

Sementara, hewan sangat sedikit buang air kecil bahkan tidak sama sekali bisa menjadi pertanda bahwa mereka punya masalah saluran kemih, seperti urine berdarah.

10. Terus menerus menjilat di area yang sama

Kebiasaan menjilat memang belum tentu menunjukkan adanya rasa sakit, karena itu hal yang sering dilakukan anjing maupun kucing.

Akan tetapi, jika mereka terus menerus menjilat di salah satu bagian tubuh tertentu, sebaiknya bawa mereka ke dokter hewan untuk mencegah penyakit yang tak diketahui.

https://www.kompas.com/homey/read/2020/11/14/104400476/kenali-10-tanda-kucing-dan-anjing-peliharaan-sakit

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke