5 Tanaman Hias Indoor yang Merambat dan Cara Merawatnya

Kompas.com - 25/12/2020, 18:06 WIB
Ilustrasi tanaman hias pothos atau sirih gading. SHUTTERSTOCK/USMEEIlustrasi tanaman hias pothos atau sirih gading.

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman hias dapat mempercantik dekorasi rumah dan membawa nuansa alam ke dalam rumah.

Adapun tanaman hias merambat dapat membantu Anda melengkapi dekorasi rumah dan ada banyak pilihan tanaman merambat yang bisa dipilih.

Namun demikian, karena tanaman merambat cenderung tumbuh dengan cepat dan seringkali tidak ada parameternya, maka perawatan tanaman hias indoor merambat membutuhkan beberapa perhatian khusus, antara lain pemangkasan rutin, pembuatan teralis untuk mendukung rambatan, dan sebagainya.

Baca juga: 7 Tanaman yang Bisa Diletakkan di Kamar Tidur

Seringkali, tanaman hias merambat juga dijual di dalam pot dan gantungan, sehingga dapat digantung. Dengan begini, rambatan tidak akan menjulur secara horizontal, namun menggantung, sehingga mampu memberikan aksen tersendiri dalam dekorasi rumah.

Dilansir dari Gardening Know How, Jumat (25/12/2020), berikut ini beberapa tanaman hias merambat yang bisa Anda pilih.

Ilustrasi tanaman hias Philodendron yang merambat.SHUTTERSTOCK/RATTIYA LAMROD Ilustrasi tanaman hias Philodendron yang merambat.

1. Philodendron

Salah satu tanaman hias yang bisa tumbuh merambat adalah philodendron. Saat ini ada setidaknya 200 spesies philodendron, baik yang mampu merambat dan tidak.

Jenis philodendron yang merambat biasanya ditempatkan pada pot gantung dan memiliki akar aerial di sepanjang batang yang menempel pada penyangga yang tersedia.

Baca juga: 7 Jenis Philodendron yang Hits dan Ramai Diburu

Philodendron lebih suka sinar matahari tidak langsung, penyiraman berkala, diberi pupuk sesekali.

2. Pothos atau sirih gading

Pothos alias sirih gading atau Scindapsus aureus seringkali disangka sebagai philodendron yang tengah populer.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X