Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kesalahan Dekorasi Kamar Mandi yang Paling Umum Terjadi

Kompas.com - 30/12/2020, 09:40 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kamar mandi di rumahmu harus menjadi tempat relaksasi yang nyaman, karena merupakan ruangan penting yang sering kamu kunjungi untuk buang air hingga membersihkan diri.

Oleh karena itu, penting untuk menghadirkan kamar mandi yang nyaman dan enak untuk dipandang, sehingga bisa membuatmu 'betah' di dalamnya.

Sayangnya, terdapat banyak kesalahan dekorasi kamar mandi yang dilakukan sebagian orang, sehingga hal itu memengaruhi estetika kamar mandi kurang hingga tak nyaman untuk ditempati.

Baca juga: Mengintip 5 Tren Warna Kamar Mandi 2021

Dilansir dari beberapa sumber, Rabu, (30/12/2020), berikut ini adalah kesalahan umum dalam mendekorasi kamar mandi.

1. Tidak ada cahaya alami

Cahaya alami yang muncul dari kaca atau jendela perlu ada di sebuah kamar mandi untuk menjauhkan dari kelembaban yang tinggi.

Sayangnya, tidak sedikit kamar mandi di rumah seseorang tidak memasukkan cahaya alami karena keterbatasan ruang dan penempatan kamar mandi yang kurang tepat, sehingga tak memungkinkan.

Setidaknya perlu ada tiga sumber pencahayaan di kamar mandi, yakni dari atas kepala, dari jarak dekat dan lampu yang bisa disesuaikan untuk aktivitas tertentu. Ada baiknya juga memasang lampu di sekitar cermin kamar mandimu.

Baca juga: Kecoa Kerap Muncul di Kamar Mandi? Ini Beberapa Penyebabnya

2. Tidak ada ventilasi atau jendela

Hampir sama dengan tidak adanya pencahayaan alami di kamar mandi, ventilasi juga menjadi komponen yang justru diabaikan oleh seseorang di kamar mandinya.

Tak hanya bisa menjadi sumber penerangan, kehadiran ventilasi juga sangat penting banget untuk mengatur sirkulasi udara di kamar mandi, sehingga bau yang kurang enak bisa terbuang.

3. Tidak memasang tirai shower yang tepat

Meskipun tirai shower di kamar mandimu sama persis seperti yang kamu inginkan, tirai tersebut mungkin tidak ideal untuk setiap kamar mandi. Jika ingin membuat kamar mandi impianmu, mungkin inilah saatnya untuk berinvestasi dalam shower screen.

Selain membuat kamar mandimu tampak lebih besar dan cerah, shower layar juga cenderung tidak berjamur di area tempat air berkumpul. Pilihan terbaik adalah mendapatkan shower layar datar tahan air dengan desain minimalis.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com