Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Jarak Antar Anak Tangga yang Ideal? Berikut Penjelasannya

Kompas.com - Diperbarui 23/12/2022, 17:39 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Hunker

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketinggian anak tangga sangat penting saat mendesain dan memasang tangga baru.

Anak tangga yang terlalu tinggi akan berbahaya, sedangkan anak tangga yang terlalu rendah dapat membuat jarak tangga menjadi terlalu panjang. Kedua tangga yang terlalu tinggi dan terlalu rendah bisa mengakibatkan tangga menjadi tidak nyaman untuk dinaiki.

Dilansir Hunker, tinggi rendahnya anak tangga memiliki variasi yang berbeda yakni berdasarkan berapa panjang bagian horizontal dari tangga yang membentang.

Baca juga: 8 Ide Apik Merapikan Area Tangga di Rumah

Ilustrasi tangga di rumah.SHUTTERSTOCK/JAMEZSOMWONG Ilustrasi tangga di rumah.

Idealnya, satu langkah harus memiliki tinggi dan panjang yang tepat sehingga ketika orang melangkah akan nyaman setiap jarak langkahnya.

Jika anak tangga terlalu tinggi, orang akan membutuhkan upaya yang lebih untuk menaikinya, tetapi jika anak tangga terlalu pendek akan menghasilkan tangga yang lebih panjang dan memakan banyak ruang untuk mencapai ketinggian total tangga.

Selain itu, langkah yang pendek juga dapat berbahaya serta tidak kenyamanan ketika dinaiki.

Tinggi anak tangga

Rata-rata tinggi tangga yang nyaman adalah antara 15-19 cm bagi orang dewasa dengan tinggi badan di atas 150 cm. Kemudian, lebar yang cukup ideal adalah minimal 29 cm- 33 cm atau sesuai dengan panjang tapak kaki penghuni rumah.

Baca juga: Alasan Pentingnya Bahan Stainless Steel dalam Peralatan Rumah Tangga

Meskipun bukan rata-rata saat ini, satu studi oleh National Library of Medicine melihat adanya penyimpangan kecil antara ketinggian tangga (naik) dan panjang (lari) dan bagaimana hal itu memengaruhi kemampuan pria, wanita, dan orang-orang dari segala usia menaiki anak tangga. 

Para peneliti menemukan bahwa tinggi langkah ideal adalah 7,2 inci atau sekitar 18 cm dan panjang langkah ideal harus antara 11 dan 12 inci atau sekitar 27 hingga 30 cm.

Halaman:
Sumber Hunker


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com