Kompas.com - 02/01/2021, 11:32 WIB
Ilustrasi tanaman hias Phlebodium aureum atau blue star fern. SHUTTERSTOCK/ELENABARYSHNIKOVAIlustrasi tanaman hias Phlebodium aureum atau blue star fern.

JAKARTA, KOMPAS.com - Tren merawat tanaman hias yang populer sepanjang tahun 2020 lalu diprediksi masih akan berlanjut pada tahun ini. Beberapa jenis tanaman hias pun diproyeksikan bakal naik daun pada tahun 2021.

Salah satunya adalah blue star fern atau tanaman pakis bintang biru, yang memiliki nama ilmiah Phlebodium aureum. Tanaman pakis ini adalah tanaman hias yang mudah dirawat.

Dilansir dari Horticulture, Sabtu (2/1/2021), pakis bintang biru dapat tumbuh dalam kondisi sedikit cahaya matahari, yang umum ditemukan pada sebagian besar interior rumah. Tanaman ini menikmati tanah yang lembab, sehingga jangan khawatir terlalu sering menyiramnya.

Baca juga: Mengenal Blue Star Fern, Tanaman Hias yang Diprediksi Populer di 2021

Pakis bintang biru adalah tanaman yang berasal dari hutan hujan tropis Amerika Selatan. Di alam liar, ia tumbuh di pohon, memanfaatkan pohon untuk hidup, tetapi tidak mengambil nutrisi atau kelembaban dari pohon inang.

Soal daun, tidak seperti tanaman pakis lain yang memiliki pelepah yang tampak halus, pakis bintang biru memiliki daun yang lebih lebar.

Pakis ini mentolerir cahaya redup. Tempatkan dalam cahaya tidak langsung ke arah tengah ruangan, atau simpan di jendela yang menghadap ke timur, barat atau utara, di mana ia tidak akan menerima sinar matahari sepanjang hari.

Cara merawat pakis bintang biru

Berikan cahaya tidak langsung dan penyiraman secara teratur. Campuran pot untuk pakis bintang biru harus longgar dan cepat habis.

Baca juga: 8 Tanaman Hias yang Bakal Populer pada Tahun 2021

Saat menyiram dan menanam, ingatlah habitat alami dan kebiasaan tumbuh pakis ini, yakni hidup di dahan pohon di hutan hujan, jadi suka sering disiram tetapi tidak suka berdiri di air atau tanah basah.

Pot yang dijual untuk anggrek adalah pilihan yang baik. Ganti potnya hanya jika sudah besar. Pada saat itu, pindahkan ke pot yang lebih besar beberapa inci.

Suhu ruangan normal baik-baik saja untuk pakis bintang biru, tetapi tanaman ini lebih menyukai kelembaban yang tinggi. Simpan di ruangan yang lebih lembab, seperti dapur atau kamar mandi, atau letakkan pot di atas nampan kerikil lembab.

Mengelompokkan tanaman hias bersama-sama juga akan menghasilkan kelembaban yang lebih tinggi.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X