Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Tips Mewujudkan Ruang Tamu Minimalis di Rumah

Kompas.com - 01/01/2021, 17:14 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Gaya minimalis telah digemari banyak pemilik rumah selama beberapa tahun terakhir. Gaya desain minimalis memberikan nuansa yang bersih, rapi, dan elegan.

Anda juga ingin mewujudkan dekorasi rumah, khususnya ruang tamu minimalis tapi tidak tahu harus memulai dari mana? Jangan khawatir.

Dilansir dari Extra Space, Jumat (1/1/2021), berikut beberapa tips untuk mewujudkan ruang tamu minimalis di rumah Anda.

Baca juga: 5 Trik Membuat Ruang Tamu Sempit Jadi Luas

1. Mulai dari merapikan ruang tamu

Mulailah perombakan desain Anda dengan merapikan ruang tamu. Evaluasi semuanya, mulai dari tumpukan majalah hingga furnitur besar yang memakan terlalu banyak ruang.

Tentukan apakah barang-barang ini penting untuk desain ruang tamu Anda. Bila tidak, sekarang saatnya mempertimbangkan untuk menyimpan, mendonasikan, atau membuang barang-barang tersebut.

2. Pastikan semua ada tempatnya

Idealnya, setiap barang di ruang tamu minimalis Anda harus memiliki tempatnya masing-masing. Furnitur, dekorasi, buku, film, mainan, bantal, dan sebagainya, tentukan tempat untuk segala sesuatunya.

Hal ini tidak hanya akan membantu menjaga ruang tamu Anda tetap bersih dan rapi, tetapi juga mengurangi sakit kepala karena harus mencari remote control atau pengisi daya ponsel saat Anda membutuhkannya.

Baca juga: Dinding Ruang Tamu Kosong? Dekorasi dengan 7 Benda Ini

3. Pertimbangkan ukuran dan skala

Dalam hal desain minimalis, ukuran dan skala sangatlah penting. Jika Anda memiliki ruang tamu kecil, misalnya, satu sofa besar dengan meja kopi kecil mungkin kurang menonjol dibandingkan beberapa perabot kecil.

Jangan takut untuk bermain dengan skala dalam tata letak. Padu padankan berbagai ukuran dengan furnitur dan dekorasi rumah untuk menciptakan ruang tamu yang lebih menarik.

4. Perhatikan garis

Menciptakan garis yang terdefinisi dengan baik sangat penting saat mengubah ruang tamu Anda menjadi ruang minimalis yang ramping, karena garis tersebut akan membantu menarik perhatian ke atas dan membuat ruangan terasa lebih terbuka.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com