Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/12/2020, 09:12 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber LivSpace

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki ruang tamu dengan luasan terbatas membuat lebih merencanakan segala hal, mulai dari pewarnaan cat dinding, pemilihan, furnitur, hingga peletakkannya.

Meskipun dengan lahan terbatas, seperti yang dilansir dari Livspace, Minggu (27/12/2020), ada beberapa trik agar ruang tamu yang kecil terlihat lebih besar dan luas.

1. Gunakan warna sama pada tirai dan dinding

Jika Anda memiliki ruang tamu yang dilengkapi dengan jendela dan dinding yang menyatu, hindari menggunakan tirai yang memiliki kain tebal dan warna cerah.

Baca juga: Dinding Ruang Tamu Kosong? Dekorasi dengan 7 Benda Ini

Sebaliknya, pertimbangkan untuk memilih tirai yang memiliki warna sama dengan dinding dan jaga jarak agar kainnya tetap ringan dan sejuk.

2. Furnitur multifungsi

Gunakan furnitur multifungsi di dalam ruang tamu sempit untuk memberikan tempat bagi barang-barang yang lainnya.

Meja televisi atau meja tamu dengan banyak rak bisa menjadi pilihan untuk diletakkan di ruang tamu dengan lahan terbatas.

3. Jauhkan furnitur dari dinding

Saat menata furnitur, aturlah agak jauh dari dinding dengan metode yang disebut furnitur 'mengambang'. Ruang tambahan di belakang furnitur membuat ruangan terasa lebih besar dari aslinya, seolah-olah sebenarnya memiliki banyak ruang kosong.

Baca juga: 5 Trik Membuat Ruang Tamu Sempit Terasa Lebih Besar

Penataan furnitur ini juga jauh lebih kohesif dan nyaman untuk digunakan.

4. Pilih furnitur yang ringan

Kaki furnitur yang besar akan membuat ruang tamu Anda terasa berat dan ketinggalan zaman. Sebaliknya, pilih furnitur dengan kaki tipis dan siluet elegan, karena memungkinkan ruang dan cahaya mengalir lebih bebas.

Furnitur ini juga terlihat jauh lebih kecil dan lebih modern. Memilih meja kopi yang memiliki kaki kurus dan ringan juga bisa menjadi pilihan bagus.

5. Warna netral

Mungkin tergoda untuk mengaplikasikan multi-warna pada ruang tamu, tetapi itu akan membuat ruang tamu tampak lebih kecil.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com