Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Tips Mewujudkan Ruang Tamu Minimalis di Rumah

JAKARTA, KOMPAS.com - Gaya minimalis telah digemari banyak pemilik rumah selama beberapa tahun terakhir. Gaya desain minimalis memberikan nuansa yang bersih, rapi, dan elegan.

Anda juga ingin mewujudkan dekorasi rumah, khususnya ruang tamu minimalis tapi tidak tahu harus memulai dari mana? Jangan khawatir.

Dilansir dari Extra Space, Jumat (1/1/2021), berikut beberapa tips untuk mewujudkan ruang tamu minimalis di rumah Anda.

1. Mulai dari merapikan ruang tamu

Mulailah perombakan desain Anda dengan merapikan ruang tamu. Evaluasi semuanya, mulai dari tumpukan majalah hingga furnitur besar yang memakan terlalu banyak ruang.

Tentukan apakah barang-barang ini penting untuk desain ruang tamu Anda. Bila tidak, sekarang saatnya mempertimbangkan untuk menyimpan, mendonasikan, atau membuang barang-barang tersebut.

2. Pastikan semua ada tempatnya

Idealnya, setiap barang di ruang tamu minimalis Anda harus memiliki tempatnya masing-masing. Furnitur, dekorasi, buku, film, mainan, bantal, dan sebagainya, tentukan tempat untuk segala sesuatunya.

Hal ini tidak hanya akan membantu menjaga ruang tamu Anda tetap bersih dan rapi, tetapi juga mengurangi sakit kepala karena harus mencari remote control atau pengisi daya ponsel saat Anda membutuhkannya.

3. Pertimbangkan ukuran dan skala

Dalam hal desain minimalis, ukuran dan skala sangatlah penting. Jika Anda memiliki ruang tamu kecil, misalnya, satu sofa besar dengan meja kopi kecil mungkin kurang menonjol dibandingkan beberapa perabot kecil.

Jangan takut untuk bermain dengan skala dalam tata letak. Padu padankan berbagai ukuran dengan furnitur dan dekorasi rumah untuk menciptakan ruang tamu yang lebih menarik.

4. Perhatikan garis

Menciptakan garis yang terdefinisi dengan baik sangat penting saat mengubah ruang tamu Anda menjadi ruang minimalis yang ramping, karena garis tersebut akan membantu menarik perhatian ke atas dan membuat ruangan terasa lebih terbuka.


Gunakan furnitur dengan tepi tajam dan kaki terbuka. Pilihlah tirai dari lantai ke langit-langit dengan garis-garis halus. Kemudian, gabungkan potongan dekorasi rumah dengan bentuk geometris.

5. Pilih warna cat dinding dengan cermat

Saat mencari warna cat dinding untuk ruang tamu minimalis, pertahankan warna netral yang akan memantulkan cahaya dengan baik dan menjaga ruangan tidak terasa dingin atau berantakan.

Jika Anda ingin sedikit semburat warna, cobalah dinding aksen dengan warna solid yang tidak akan mengurangi rasa nyaman dan sesuai yang Anda inginkan, pertimbangkan warna biru, merah muda, hijau, atau kuning yang lembut.

6. Manfaatkan pencahayaan alami

Apakah ruang tamu Anda memiliki jendela besar? Jika ya, manfaatkanlah dengan baik.


Membiarkan cahaya alami memenuhi ruang tamu akan memberikan kehidupan bagi ruang tamu minimalis Anda. Ini juga bisa membantu saat mendesain ruang tamu di ruangan kecil, karena cahaya alami akan membuat ruangan terasa lebih besar dan lebih terbuka.

7. Tentukan titik fokus

Saat membuat ruangan minimalis, ada baiknya memiliki focal point atau titik fokus. Misalnya, cermin besar, meja kopi berbentuk unik, atau benda seni yang menarik.

Apa pun itu, atur ruang tamu di sekitar titik fokus ini untuk menyeimbangkan ruangan, sehingga tidak ada sisi atau sudut dengan desain yang terlalu berat.

8. Pilih furnitur multifungsi

Gaya minimalis adalah tentang kesederhanaan dan fungsionalitas. Saat mencari furnitur ruang tamu minimalis, perhatikan bagaimana Anda akan menggunakan setiap furnitur tersebut.

Secara khusus, jika Anda memiliki ruang tamu kecil, Anda harus memilih furnitur yang dapat ditumpuk saat tidak digunakan atau yang dapat berfungsi sebagai tempat duduk dan penyimpanan.

9. Tambahkan karpet

Khususnya jika ruang tamu Anda berlantai kayu, ada baiknya menambahkan karpet ke dalam desain minimalis Anda. Memiliki karpet di ruang tamu tidak hanya dapat membantu mengurangi kebisingan di dalam ruangan, tetapi juga melembutkan kesan mencolok yang melekat pada minimalis.

10. Manfaatkan cermin

Apakah ruang tamu Anda sempit? Ciptakan ilusi memiliki ruangan yang lebih besar dengan menambahkan cermin di dinding atau cermin berdiri di sudut.

Karena cermin memantulkan cahaya, cermin dapat menambah kedalaman bahkan ke ruang terkecil.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/01/01/171400476/10-tips-mewujudkan-ruang-tamu-minimalis-di-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke