Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ide Praktis Menjamu Tamu agar Merasa Nyaman di Rumah

Kompas.com - 01/01/2021, 15:38 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Decortips

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat libur tahun baru ini, mungkin kamu telah berencana untuk bertemu dengan beberapa orang terdekatmu di rumah, entah itu keluarga, atau sahabat.

Saat seseorang datang ke rumahmu, kamu wajib untuk menjamunya dengan penuh kehangatan, karena tamu adalah raja. Salah satu bagian penting menjamu tamu adalah menjaga segala sesuatunya bersih dan tertata rapi dengan baik.

Jika kamu senang akan menjamu seseorang datang ke rumah, ada beberapa tips agar kamu dapat menikmati kebersamaan dengan orang yang kamu cintai di rumahmu yang didekorasi dengan indah.

Baca juga: 5 Tanaman Hias Berbunga Paling Meriah untuk Dekorasi Libur Tahun Baru

Dilansir dari Decortips, Jumat, (1/1/2021), berikut ini beberapa tips untuk menjamu tamu yang datang ke rumahmu agar mereka merasa nyaman dan senang saat berada di rumahmu.

1. Jaga kenyamanan dan kebersihan rumah sebelum mereka tiba

Jika kamu berpikir untuk menjamu tamu di rumah, hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah melihat ruangan di rumahmu. Kamu ingin memastikan semua orang merasa nyaman.

Misalnya, jika meja ruang makanmu tidak muat untuk semua orang, kamu dapat mengatur sesuatu yang informal menggunakan area lain, seperti ruang tamu atau ruang keluarga.

Demikian pula, sebelum tamumu datang, sebaiknya pastikan rumahmu telah dibersihkan dengan baik dan telah tertata rapi. Bersihkan juga semua permukaan yang sering disentuh, seperti gagang pintu, pegangan tangga, dan sakelar lampu.

Baca juga: 10 Tips Dekorasi Rumah yang Ramah untuk Kucing Peliharaan

Hal ini memastikan rumahmu betul-betul bersih sebelum pengunjungmu tiba, sehingga nantinya mendapat kesan yang positif dari tamumu.

2. Tidak membiarkan beberapa barang tamu masuk ke dalam rumah

Langkah pertama untuk menjaga rumahmu bersih adalah tidak membiarkan alas kaki yang mereka kenakan masuk ke dalam rumah. Untuk melakukan ini, kamu hanya perlu meminta semua orang melepas sepatu mereka.

Siapkan area untuk meninggalkan sepatu dan kamu bahkan dapat menawarkan sandal bersih kepada tamu untuk membuatnya lebih nyaman.

Undang tamu untuk meninggalkan mantel dan tas mereka di pintu masuk. Ini mencegah bau apa pun masuk ke dalam rumah. Misalnya, mantel perokok sering kali berbau asap.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com