Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Ide Dekorasi Dinding Rumah yang Menarik dan Menyegarkan

Kompas.com - 18/12/2020, 13:07 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mencari ide dekorasi dinding untuk menyegarkan ruangan di rumahmu? Dinding-dinding kosong itu penuh dengan kehampaan, jadi beberapa tambahan dekorasi bisa membuatnya terasa lebih berwarna.

Jika kamu siap untuk mengubah dinding kosong dan polos yang ada di rumah menjadi hiasan yang bergaya, maka teruslah membaca artikel ini.

Apapun gayamu, terdapat beberapa trik yang dapat memperkuat dindingmu dan menonjolkan kepribadian serta seleramu. 

Baca juga: Panduan Memilih Warna Cat Dinding Dalam Ruangan

Baik kamu seorang kolektor seni, penggemar alam, atau pencinta buku, dinding di rumahmu dapat disesuaikan sehingga kamu dapat dikelilingi oleh hal-hal yang kamu sukai.

Temukan 8 ide dekorasi dinding yang pasti akan menambah gaya pada rumahmu, dilansir dari beberapa sumber, Jumat (18/12/2020).

1. Buat dinding galeri

Tidak ada yang bisa menambahkan kepribadian dan warna seperti dinding galeri. Pajang koleksi seni atau foto, atau tambahkan hiasan dinding dan barang bekas lainnya.

Pilih bingkai yang sederhana dan kohesif atau bawalah berbagai variasi hiasan untuk memadukan semuanya. Dalam hal ini kamu bisa perluas dinding galeri ke langit-langit untuk menciptakan ilusi ruang yang lebih besar.

2. Gabungkan dinding aksen

Coba gunakan warna cat yang cerah dan berani untuk menciptakan aksen dinding, atau berikan pola dengan wallpaper, stensil, atau teknik cat dekoratif lainnya. Aksen dekoratif ini dapat memiliki dampak yang lebih besar di ruang kecil.

3. Melukis mural

Biarkan dinding rumahmu membawamu ke tempat lain dengan menambahkan mural. Baik kamu mengecatnya dengan tangan sendiri atau menggunakan jasa profesional, motif dari mural akan memberi pengaruh besar ke dinding.

Baca juga: 3 Cara Efektif Cegah Dinding Rumah Basah Selama Musim Hujan

4. Pasang rak

Jika lantai rumahmu kehabisan ruang untuk meletakkan rak buku, bawa koleksi bukumu ke dinding. Pasang rak dinding apung dan pajang hardcover, patung kecil, dan barang aneh lainnya.

5. Tambahkan lilin pahatan

Lilin pahatan bisa menambahkan sumber cahaya ekstra tanpa memakan ruang di lantai atau meja samping. Pilih desain menarik yang berfungsi sebagai pahatan dinding untuk menghadirkan cahaya dan gaya.

6. Membawa tanaman

Tanaman tidak hanya harus duduk di ambang jendela. Cobalah gantung atau pasang ke dinding untuk menambahkan sedikit alam ke ruang dan kehidupanmu di dinding.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com