Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jenis-jenis Tanaman Lidah Mertua, Cocok Jadi Dekorasi Rumah

Kompas.com - 21/12/2020, 18:37 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Lidah mertua atau snake plant alias sansevieria sudah lama dijadikan tanaman hias di rumah. Di tengah pandemi, popularitas lidah mertua pun melonjak, apalagi tanaman ini diyakini pula dapat menyerap polusi udara.

Lidah mertua mudah dikenali, lantaran memiliki bentuk daun yang panjang dan runcing seperti pedang, dengan warna hijau dan garis kuning atau perak keabu-abuan pada pinggirannya.

Lidah mertua bisa jadi pilihan bagi Anda yang ingin merawat tanaman hias dengan mudah. Sebab, tanaman lidah mertua sangat mudah dirawat, asalkan tidak terlalu sering disiram.

Baca juga: 8 Tanaman Hias yang Bakal Populer pada Tahun 2021

Nah, lidah mertua pun memiliki beragam jenis yang unik dan cantik, sehingga tanaman ini cocok dijadikan dekorasi rumah. Dilansir dari Better Homes & Gardens, Senin (21/12/2020),

1. Sansevieria trifasciata Hahnii

Jenis tanaman lidah mertua ini kerap kali disebut bird's nest snake plant atau lidah mertua sarang burung. Tanaman ini hanya tumbuh hingga mencapai ketinggian sekitar 15 cm.

Tanaman ini membentuk daun berkelompok atau berklaster yang menyerupai sebuah cawan, mirip seperti sarang burung.

Sansevieria trifasciata Hahnii, salah satu jenis tanaman lidah mertua.SHUTTERSTOCK/SOUTHERN WIND Sansevieria trifasciata Hahnii, salah satu jenis tanaman lidah mertua.

2. Sansevieria cylindrica

Tanaman lidah mertua silinder ini memiliki daun yang tinggi dan ramping seperti silinder panjang yang bulat. Panjangnya pun bisa mencapai puluhan centimeter.

Baca juga: 12 Manfaat Tanaman Lidah Mertua, Bersihkan Udara hingga Cegah Kanker

Selain yang daunnya memanjang tinggi, ada pula yang melengkung.

3. Sansevieria trifasciata Laurentii

Ini adalah jenis tanaman lidah mertua yang paling populer dan lazim ditemui. Jenis lidah mertua ini memiliki daun yang panjang seperti pedang dengan pinggiran berwarna kuning.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com