Kompas.com - Diperbarui 23/09/2021, 17:35 WIB
Ilustrasi lidah mertua (Sansevieria trifasciata). Ilustrasi lidah mertua (Sansevieria trifasciata).

JAKARTA, KOMPAS.com - Lidah mertua atau sansevieria atau snake plant menjadi salah satu tanaman hias yang cukup populer sebagai pajangan di dalam rumah karena dapat tumbuh dalam kondisi yang sedikit air dan cahaya matahari.

Daun yang keras, tegak panjang, sukulen, dengan ujung meruncing merupakan karakter bentuk dari lidah mertua. Karena bentuknya yang tajam menjadi alasan tanaman ini memiliki nama lidah mertua.

Selain berfungsi sebagai tanaman hias, lidah mertua memiliki manfaat luar biasa yang mana mampu menghisap berbagai macam polusi udara.

Baca juga: 5 Tanaman yang Mampu Bersihkan Udara di Rumah

Namun, manfaat lidah mertua tak hanya itu. Dirangkum dari beberapa sumber, Kamis (23/9/2021), di bawah ini adalah manfaat luar biasa lainnya dari tanaman lidah mertua yang mungkin tidak kamu sangka.

Ilustrasi tanaman hias lidah mertua atau Sansevieria di dalam ruangan.SHUTTERSTOCK/GRUMPY COW STUDIOS Ilustrasi tanaman hias lidah mertua atau Sansevieria di dalam ruangan.

1. Pembersih udara alami terbaik

Lidah mertua memiliki kemampuan untuk memurnikan udara lebih baik daripada kebanyakan tanaman dalam ruangan lainnya, sehingga menjadi pilihan yang sangat baik untuk pencinta tanaman hias serta orang yang sadar kesehatan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lidah mertua mampu menyerap karbon monoksida dalam jumlah berlebihan dan mengeluarkan oksigen serta menyaring racun lain dari udara seperti benzena, xilena, trikloroetilen, dan formaldehida.

2. Penghilang polusi udara dalam maupun luar ruangan

Sebuah studi mengklaim bahwa polusi udara dalam ruangan bisa sama mematikannya dengan polusi udara luar ruangan.

Baca juga: Mengenal Calathea, Tanaman Hias Cantik yang Tak Butuh Banyak Cahaya

Ada banyak cara untuk mengurangi polusi udara di dalam maupun di luar ruangan dan cara terbaik adalah dengan menanam lidah mertua baik di dalam maupun luar ruangan.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.