Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Manfaat Saus Tomat, Bersihkan Panci hingga Gagang Pintu

Kompas.com - 24/11/2020, 09:38 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Boldsky

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain sebagai bahan yang dicocol ke beragam makanan, siapa sangka kalau saus tomat memiliki manfaat sebagai bahan pembersih beberapa peralatan di rumahmu.

Pada hakikatnya, tomat memiliki sifat asam yang menjadi lebih asam ketika dijadikan saus akibat pengaruh cuka.

Oleh karena itu, jangan kaget dan heran apabila saus tomat mampu untuk membersihkan beberapa barang.

Baca juga: 10 Manfaat Baking Soda, Bersihkan Dapur hingga Hilangkan Bau Kulkas

Membersihkan barang menggunakan saus tomat jauh lebih murah daripada semua bahan pembersih abrasif yang membanjiri pasar. Ini juga merupakan cara organik untuk menangani pembersihan.

Dilansir dari Boldsky, Selasa (24/11/2020) terdapat beberapa jenis bahan perabotan yang mampu dibersihkan menggunakan saus tomat, berikut di antaranya.

1. Membersihkan peralatan masak berbahan tembaga

Memasak dengan peralatan masak berbahan tembaga itu sehat, tetapi kamu mungkin ragu memikirkan perawatannya. Tenang saja, saus tomat akan menyelesaikan pekerjaan satu ini.

Cukup oleskan saus tomat ke peralatan masak yang bernoda dan diamkan selama 15 - 20 menit. Setelah itu, poles dengan kain katun lembut dan bilas dengan air hangat untuk membuatnya berkilau.

Baca juga: Cara Mudah Membersihkan Microwave Oven, Pakai Lemon dan Cuka

Untuk noda membandel, tambahkan sedikit garam ke dalam saus tomat dan lakukan hal yang sama. Cara ini juga berfungsi untuk membersihkan perhiasan berbahan tembaga juga.

2. Membersihkan benda berbahan kuningan

Bahan kuningan digunakan pada banyak furnitur, seperti gagang pintu, bahan dekorasi pajangan hingga peralatan masak. Namun, lama-kelamaan bahan kuningan bisa menjadi kotor dan membentuk bercak gelap, sehingga perlu dibersihkan.

Sifat asam dari saus tomat akan membantumu mengatasi hal ini yang mana mampu memecah kotoran saat dituangkan di atas kuningan dan diberi waktu yang tepat.

Tuangkan saus tomat ke peralatan berbahan kuningan dan diamkan selama 10 - 15 menit. Setelah itu bersihkan dengan kain lembut, dan bilas hingga bersih.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com