Mengenal Calathea, Tanaman Hias Cantik yang Tak Butuh Banyak Cahaya

Kompas.com - 22/11/2020, 09:36 WIB
Ilustrasi tanaman hias calathea. SHUTTERSTOCK/TOTOKZWWIlustrasi tanaman hias calathea.

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah jenis tanaman hias populer di Tanah Air, karena banyaknya waktu yang dihabiskan di rumah. Salah satunya adalah Calathea.

Tanaman calathea banyak digemari karena daunnya memiliki corak dan warna yang cantik. Tanaman ini pun tak membutuhkan banyak cahaya matahari, sehingga tanaman calathea cocok ditempatkan di dalam ruangan.

Dari daun beludru berwarna hijau tua hingga daun dengan pola geometris dan bagian bawah merah marun, calathea bisa menjadi dekorasi yang menarik di rumah.

Baca juga: Philodendron, Tanaman Hias yang Cocok untuk Pemula

Dilansir dari Apartment Therapy, Minggu (22/11/2020), tanaman calathea memiliki varietas yang sangat banyak. Dengan demikian, buat Anda yang hobi mengoleksi tanaman hias, calathea menjadi pilihan yang menarik.

Calathea adalah genus tanaman rhizomatous neotropical. Daun Calathea digunakan di daerah tropis, khususnya di Brazil, untuk kerajinan tangan dan pembungkus makanan.

Daun calathea yang berwarna-warni menjadikannya salah satu tanaman hias dengan nilai ekonomi tinggi. Popularitasnya pun kini semakin menanjak.

Beberapa jenis tanaman calathea yang populer antara lain Calathea veitchiana (Medallion calathea), Calathea lancifolia (Rattlesnake calathea), dan Calathea ornata (Pinstripe calathea).

Baca juga: Akar Tanaman Alocasia Busuk? Ini Penyebab dan Cara Menanganinya

Meskipun demikian, perlu diperhatikan bahwa perawatan tanaman calathea cukup menantang. Namun, ketika daunnya rontok, daun baru akan tumbuh kembali dengan cepat.

Jika Anda merawatnya dengan tepat, maka calathea akan tumbuh dengan mengesankan, dengan daun yang banyak dan cantik.

Tanaman Calathea orbifolia di atas meja dapur bernuansa pastel www.home-designing.com Tanaman Calathea orbifolia di atas meja dapur bernuansa pastel

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X