Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dipelihara di Gedung Putih, Anjing Joe Biden Kembali Bikin Ulah

Kompas.com - 29/09/2023, 18:00 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber AFP

 WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Commander, anjing penghuni Gedung Putih yang jadi hewan peliharaan keluarga Presiden AS Joe Biden, menggigit agen Dinas Rahasia baru-baru ini.

Anjing German shepperd yang penuh semangat, yang awalnya hadir di Gedung Putih sebagai anak anjing pada tahun 2021, menghadapi pelatihan baru setelah apa yang dilaporkan sebagai insiden ke-11.

Presiden AS Joe Biden dan istrinya, Jill, menyalahkan kondisi penuh tekanan di kediaman yang ramai sebagai penyebab kebiasaan anjing itu menggigit staf.

Baca juga: 400 Anjing Laut dan Singa Laut Mati akibat Flu Burung di Uruguay

"Dalam kejadian terakhir, seorang petugas bersentuhan dengan hewan peliharaan keluarga pertama dan digigit" kata Kepala Komunikasi Dinas Rahasia AS Anthony Guglielmi.

"Petugas tersebut dirawat oleh petugas medis di kompleks," ujarnya.

Keluarga Bidens sebelumnya mengatakan bahwa mereka akan mendapatkan pelatihan tambahan untuk Commander setelah insiden-insiden yang terjadi, termasuk salah satunya yang menyebabkan seorang korban dilarikan ke rumah sakit.

"Seperti yang telah kami catat sebelumnya, Gedung Putih dapat menjadi lingkungan yang penuh tekanan bagi hewan peliharaan keluarga," kata Elizabeth Alexander, direktur komunikasi Ibu Negara Jill Biden, dalam sebuah pernyataan kepada AFP.

"Keluarga pertama terus berupaya mencari cara untuk membantu Commander menangani kondisi halaman Gedung Putih yang sering kali tidak dapat diprediksi," tambahnya.

Dia menambahkan bahwa keluarga Biden sangat berterima kasih kepada Paspampres dan staf kediaman eksekutif atas semua yang mereka lakukan untuk menjaga keamanan mereka, keluarga, dan negara.

Email Dinas Rahasia yang diperoleh melalui permintaan kebebasan informasi oleh kelompok konservatif Judicial Watch pada Juli merinci 10 insiden sebelumnya di Gedung Putih dan rumah keluarga Biden di Delaware, demikian laporan CNN.

Baca juga: Duduk di Sebelah Anjing Kentut Selama Penerbangan, Pasangan Ini Tuntut Pengembalian Uang

Anjing milik keluarga Biden yang lain, Major, juga mengalami kesulitan beradaptasi dengan kehidupan Gedung Putih setelah Biden terpilih pada tahun 2020.

Pada tahun 2021, ia sempat dikirim kembali ke Delaware setelah setidaknya satu kali mengalami insiden menggigit, dan juga menjalani pelatihan tambahan.

Dia kemudian dikirim untuk tinggal bersama teman-teman keluarga.

Rumah kepresidenan AS memiliki sejarah panjang sebagai tempat tinggal yang ramah terhadap anjing.

Baca juga: Master of Puppies: Anjing Ini Kabur dari Rumah, Menyelinap ke Konser Metallica

Lebih dari 100 anjing telah berkeliaran dan mengendus koridor-koridornya.

Keluarga Biden juga memiliki seekor kucing seekor kucing berbulu pendek bernama Willow.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com