Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hadapi Surat Penangkapan, Putin Santai Saja Kunjungi Crimea

Kompas.com - 19/03/2023, 08:00 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber

KYIV, KOMPAS.com - Presiden Rusia Vladimir Putin melakukan perjalanan ke Crimea untuk memperingati sembilan tahun pencaplokan semenanjung Laut Hitam dari Ukraina pada Sabtu (18/3/2023).

Ini terjadi sehari setelah Pengadilan Kriminal Internasional mengeluarkan surat perintah penangkapan terhadap pemimpin Rusia yang menuduhnya melakukan kejahatan perang .

Kantor berita negara Rusia RIA Novosti mengatakan Putin mengunjungi sekolah seni dan pusat anak-anak, lokasi yang tampaknya dipilih sebagai tanggapan atas tindakan pengadilan.

Baca juga: Isi Surat Penangkapan Putin oleh ICC

Dilansir dari Associated Press, pengadilan secara khusus menuduhnya pada hari Jumat (17/3/2023) bahwa Putin memikul tanggung jawab pribadi atas penculikan anak-anak dari Ukraina selama invasi besar-besaran Rusia ke negara tetangga yang dimulai hampir 13 bulan lalu.

Rusia mencaplok Crimea dari Ukraina pada tahun 2014, sebuah langkah yang dikecam sebagian besar dunia sebagai tindakan ilegal.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky telah menuntut agar Rusia menarik diri dari semenanjung serta wilayah yang didudukinya sejak tahun lalu.

Putin tidak menunjukkan niat untuk melepaskan keuntungan Kremlin. Sebaliknya, dia menekankan pada hari Jumat pentingnya mempertahankan Krimea.

“Jelas, masalah keamanan menjadi prioritas utama Crimea dan Sevastopol sekarang,” katanya, mengacu pada kota terbesar di Crimea.

“Kami akan melakukan semua yang diperlukan untuk menangkis ancaman apa pun,” tambahnya.

Putin naik pesawat untuk menempuh jarak 1.821 kilometer (1.132 mil) dari Moskwa ke Sevastopol, di mana dia mengambil kemudi mobil yang membawanya berkeliling kota, menurut gubernur yang dilantik, Mikhail Razvozhaev.

Baca juga: Apakah Vladimir Putin Bisa Benar-benar Ditangkap dan Diadili?

Selain sekolah seni dan pusat anak-anak, Putin juga melakukan tur.

Putin juga mengunjungi situs arkeologi di reruntuhan kota Yunani kuno Chersonesos, menurut media pemerintah Rusia.

Surat perintah penangkapan ICC adalah yang pertama dikeluarkan terhadap pemimpin salah satu dari lima anggota tetap Dewan Keamanan PBB.

Baca juga: Alasan Pengadilan Internasional Perintahkan Penangkapan Putin

Pengadilan yang berkedudukan di Den Haag, Belanda itu juga mengeluarkan surat perintah penangkapan Maria Lvova-Belova, Komisioner Hak Anak di Kantor Presiden Federasi Rusia.

Langkah itu segera ditolak oleh Rusia dan disambut baik oleh Ukraina sebagai terobosan besar.

Baca juga: Rusia Tanggapi Perintah Pengadilan Internasional Terkait Penangkapan Putin, Ngotot Tak Bersalah

Implikasi praktisnya, bagaimanapun, dapat dibatasi karena kemungkinan Putin diadili di ICC sangat kecil kemungkinannya karena Rusia tidak mengakui yurisdiksi pengadilan atau mengekstradisi warga negaranya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com