Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesan Natal Raja Charles III Kemungkinan Tak Akan Singgung Skandal Harry-Meghan

Kompas.com - 24/12/2022, 18:00 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber Guardian

LONDON, KOMPAS.com - Raja Charles III telah memilih untuk menyiarkan pesan Natal pertamanya dari kapel St George di Kastil Windsor, tempat kebaktian mendiang ibunya, Ratu Elizabeth II, diadakan tiga bulan lalu.

Dilansir dari Guardian, dalam sebuah foto yang dirilis sebelum siaran pada Hari Natal, dia terlihat berdiri di quire untuk pidato perayaan pengukuhannya ke negara dan seluruh Persemakmuran.

Tidak ada perincian tentang apa yang akan dia katakan dalam pesannya telah dirilis, tetapi Charles diperkirakan akan memberikan penghormatan pribadi kepada ibunya, yang dimakamkan di kapel peringatan George VI di St George's, bersama Duke of Edinburgh.

Baca juga: Tabloid Inggris The Sun Cabut Artikel Kebencian terhadap Meghan Markle dan Menyesalinya

Pesan direkam pada 13 Desember, dua hari sebelum rilis tiga episode terakhir dari serial dokumenter Netflix Harry & Meghan yang kontroversial, di mana Duke dan Duchess of Sussex menyerang keluarga kerajaan dan institusi monarki.

Tampaknya tidak mungkin Charles akan merujuk pada kesengsaraan pribadi keluarga yang telah membayangi pemerintahannya sejauh ini.

Elizabeth II biasa menggunakan siaran Natalnya untuk membahas tema-tema universal, keyakinannya, dan pasang surut negara itu, seperti pada tahun sebelumnya.

Baca juga: Perawat Inggris Akan Mogok Kerja Lagi, Rishi Sunak Angkat Bicara

Namun, satu pesan yang Charles sampaikan adalah kecintaannya pada masalah lingkungan, dengan pohon Natal yang ditampilkan dalam siaran tersebut dihiasi dengan ornamen yang terbuat dari bahan yang berkelanjutan termasuk kertas dan kaca, serta kerucut pinus alami.

Selama siaran, paduan suara St George's membawakan lagu kebangsaan dan menyanyikan lagu Natal.

Anggota keluarga akan berkumpul di Sandringham dan menghadiri kebaktian Hari Natal di gereja St Mary Magdalene. Panji kerajaan terlihat terbang di perkebunan pada hari Kamis (22/12/2022), menandakan raja telah tiba.

Baca juga: Desain Uang Kertas Raja Charles III Akhirnya Dipublikasikan oleh Bank Sentral Inggris, Kapan Beredar?

Charels dan permaisuri Camilla, diharapkan untuk bergabung dengan anggota keluarga termasuk Pangeran dan Putri Wales dan tiga anak mereka, dan Earl dan Countess of Wessex dan dua anak mereka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com