Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hadiah Traktor dan Piramida Buah untuk Putin di Hari Ulang Tahun yang Senyap…

Kompas.com - 08/10/2022, 15:13 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

KYIV, KOMPAS.com - Hanya ada sedikit keriuhan di hari ulang tahun Vladimir Putin yang ke 70 tahun pada Jumat (7/10/2022), di tengah kemunduran dalam invasi ke Ukraina dan kecaman yang belum pernah terjadi sebelumnya di dalam negeri.

Program berita hanya membuat referensi sekilas ke hari ulang tahun Vladimir Putin.

Situasinya kontras dengan acara seminggu yang lalu ketika Putin mengadakan konser besar di Lapangan Merah untuk memproklamirkan pencaplokan hampir seperlima tanah Ukraina.

Baca juga: 70 Tahun Vladimir Putin dan 7 Periode Penting yang Membentuk Pemikirannya

Putin tampil di televisi negara bertemu dengan para pemimpin mantan sekutu Soviet lainnya pada pertemuan puncak informal di St Petersburg pada Jumat (7/10/2022), sedangkan komentator menyebutkan hari ulang tahunnya hanya secara sepintas.

Patriark Ortodoks Rusia Kirill, seorang pendukung vokal perang di Ukraina, memimpin upeti ulang tahun untuk Putin dengan doa agar Tuhan "memberinya kesehatan dan umur panjang, dan membebaskannya dari semua perlawanan musuh yang terlihat dan tidak terlihat".

Ramzan Kadyrov, pemimpin Chechnya, wilayah yang pernah direbut kembali oleh Putin dua dekade lalu, dalam ucapannya mengatakan selamat kepada "salah satu tokoh paling berpengaruh dan luar biasa di zaman kita, patriot nomor satu di dunia".

Ada juga ucapan selamat dari Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, yang memuji Putin atas “kepemimpinannya yang terhormat dan kemauan yang kuat”, sebagai tanda terbaru dari memperdalam hubungan antara kedua negara.

Dalam pesan ulang tahun tersebut, Kim berbicara tentang pencapaian Putin dalam “membangun Rusia yang kuat” dan mengatakan bahwa pemimpin Rusia itu “menikmati rasa hormat dan dukungan yang tinggi dari masyarakat luas.”

Baca juga: Putin Serius tentang Ancaman Nuklir? Ini Jawaban Joe Biden

Hadiah traktor dan piramida buah

Di hari ulang tahunnya itu, Putin nyatanya juga menerima hadiah unik dari sekutu terdekatnya yakni berupa traktor dan piramida buah semangka dan melon.

Traktor tersebut diberikan kepadanya oleh sekutunya dari Belarus, Alexander Lukashenko, yang memproduksi alat pertanian tersebut sebagai produk unggulan industrinya.

Lukashenko yang kerap disebut-sebut sebagai "diktator terakhir" Eropa yang berkuasa bahkan lebih lama dari pemimpin Rusia (sejak 1994), juga berada di bawah sanksi Barat.

Dia mengonfirmasi hadiahnya untuk ulang tahun Putin saat mengunjungi kota asal rekan kuatnya, St Petersburg, untuk melakukan pembicaraan.

Tidak segera jelas bagaimana Putin menanggapi hadiah beroda besar itu, yang harus bersaing dengan gunungan melon dan semangka dari Presiden Tajikistan Emomali Rahmon.

Baca juga: Saat Putin Beri Sinyal Sadar akan Kerugian Besar Rusia di Ukraina...

Sementara itu di panggung dunia, kritikus Putin menggunakan kesempatan ulang tahunnya untuk menggambarkannya sebagai penjahat perang yang mencoba menghancurkan negara lain sambil menghancurkan negaranya sendiri.

Dalam penolakan yang jelas akan Putin, Hadiah Nobel Perdamaian diberikan kepada kelompok hak asasi manusia paling terkemuka di Rusia, Memorial, yang ditutup Moskwa pada akhir 2021.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com