Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Putin Berikan Pemimpin Chechnya Pangkat Tertinggi Ketiga di Militer Rusia

Kompas.com - 06/10/2022, 15:05 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

MOSKWA, KOMPAS.com - Pemimpin Chechnya Ramzan Kadyrov yang merupakan sekutu Presiden Rusia Vladimir Putin, pada Rabu (5/10/2022) mengatakan bahwa dia diberikan pangkat tertinggi ketiga di tentara Rusia.

Kadyrov (46), salah satu suara paling vokal di Rusia yang mendukung serangan Putin di Ukraina, berujar bahwa itu adalah kehormatan besar baginya.

Mantan panglima perang yang memerintah Chechnya dengan pelanggaran hak asasi manusia meluas tersebut berujar, Putin memberitahunya secara pribadi tentang keputusan tersebut.

Baca juga: Pemimpin Chechnya Buka Suara Kritik Kinerja Pasukan Rusia: Putin Tak Tahu Kondisi Perang Sebenarnya

"Presiden Rusia memberi saya pangkat kolonel jenderal," kata Kadyrov di Telegram. "Ini adalah promosi untukku," dikutip dari kantor berita AFP.

Kolonel jenderal adalah pangkat komando tertinggi ketiga dalam hierarki militer Rusia.

Penunjukan Kadyrov untuk pangkat itu terjadi ketika tentara Ukraina memukul mundur pasukan Moskwa di daerah-daerah yang oleh Kremlin dinyatakan sebagai "milik Rusia selamanya."

Ramzan Kadyrov menyatakan, dia akan melakukan segalanya untuk mengakhiri operasi militer khusus dengan cepat--menggunakan istilah Kremlin untuk invasi di Ukraina.

Unit-unit Chechnya--termasuk milisi Kadyrov sendiri yaitu "Kadyrovtsi" yang bereputasi jahat--bertempur bersama pasukan reguler Rusia di Ukraina.

Baca juga:

Kadyrov memberikan dukungan penuhnya di belakang kampanye Putin, dengan kerap menyerukan taktik paling keras untuk digunakan di Ukraina.

Pekan ini dia meminta Moskwa menggunakan senjata nuklir hasil rendah di Ukraina setelah pasukan Rusia dipukul mundur dari Kota Lyman.

Dia kemudian mengirim tiga putranya yang masih remaja--berusia 14,15 dan 16 tahun--ke garis depan perang Rusia-Ukraina.

Baca juga: Tanggapan Rusia Setelah Diminta Pemimpin Chechnya Gunakan Senjata Nuklir di Ukraina

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com