Kompas.com - 07/10/2022, 22:15 WIB

KOMPAS.com - Pada Jumat (7/10/2022), Presiden Rusia Vladimir Putin memasuki usia 70 tahun dan kini disebut-sebut sebagai salah satu otokrat dunia yang "terisolasi" setelah meluncurkan invasi ke Ukraina.

Bagaimana perjalanan hidup mantan agen KGB (intelijen Uni Soviet) ini, sehingga bisa berada dalam posisinta saat ini?

Berikut tujuh momen penting dalam hidupnya, yang membantu membentuk pemikiran dan menjelaskan keterasingan yang semakin besar dengan Barat menurut Profesor Mark Galeotti, akademisi dan penulis, buku "We Need To Talk About Putin dan Putin's Wars" sebagaimana dilansir BBC.

Baca juga: Saat Putin Beri Sinyal Sadar akan Kerugian Besar Rusia di Ukraina...

Penguasaan keterampilan bela diri, 1964

Lahir di Leningrad yang masih terluka oleh pengepungan 872 hari dalam Perang Dunia Kedua, Vladimir muda adalah anak yang bermuka masam dan agresif di sekolah.

Dalam kenangan sahabatnya, pemimpin yang kini berusia 70 tahun itu disebut 'bisa berkelahi dengan siapa pun" karena "dia tidak takut" .

Di kota yang dibanjiri geng jalanan, Putin muda yang berperawakan kecil namun agresif sudah mengasah keterampilannya. Pada usia 12 tahun, dia pertama kali menguasai sambo, seni bela diri Rusia, dan kemudian judo.

Memiliki tekad dan disiplin, saat berusia 18 tahun, dia memiliki sabuk hitam judo dan menyabet juara ketiga dalam kompetisi junior nasional.

Hingga kini, capaian itu digunakan sebagai bagian dari “persona macho” yang dikuratori dengan hati-hati.

Di sisi lain, menurut Galeotti, keterampilan bela diri yang dikuasainya menegaskan keyakinan awalnya bahwa di dunia yang berbahaya, "Anda harus percaya diri, tetapi juga menyadari bahwa ketika pertarungan tak terelakkan Anda harus memukul dulu, dan memukul begitu keras sehingga lawan Anda tidak akan berdiri."

Presiden Rusia Vladimir Putin menyaksikan latihan militer Vostok 2022 (Timur 2022) di Rusia timur jauh, di luar Vladivostok, pada Selasa, 6 September 2022. MIKHAIL KLIMENTYEV/SPUTNIK/KREMLIN/AP via VOA INDONESIA Presiden Rusia Vladimir Putin menyaksikan latihan militer Vostok 2022 (Timur 2022) di Rusia timur jauh, di luar Vladivostok, pada Selasa, 6 September 2022.

Baca juga: Putin Serius tentang Ancaman Nuklir? Ini Jawaban Joe Biden

Pekerjaan kepada KGB, 1968

Secara keseluruhan, orang menghindari pergi ke 4 Liteyny Prospekt, markas polisi politik KGB di Leningrad.

Halaman:
Sumber BBC

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.