Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meriahkan Peringatan HUT Ke-77 RI, KJRI Sydney Gelar Perayaan di Taronga Zoo

Kompas.com - 13/08/2022, 22:31 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

Sumber Rilis

SYDNEY,KOMPAS.com – Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Sydney turut menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 RI  dengan berbagai perayaan di Taronga Zoo, kebun binatang terbesar di Sydney, Australia.

Sejak awal Agustus, Taronga Zoo dirias dengan dekorasi bernuansa merah putih di salah satu bagiannya, yakni Tiger Trek.

Tiger Trek merupakan tempat konservasi harimau Sumatera yang sejak lima tahun lalu sengaja dirancang menyerupai kawasan Taman Nasional Way Kambas di Lampung.

Baca juga: HUT Ke-77 RI, Batik Indonesia Dipamerkan Lagi di Kota Moskwa Rusia

Dekorasi di bagian tersebut mulai hutan hujan tropis, gerobak mi ayam, warung kelontong, gapura selamat datang, dan tambal ban.

Dalam acara yang diselenggarakan di Tiger Trek Ranger Station yang juga berkolaborasi dengan Indonesian Diaspora Network New South Wales (IDN NSW) pada Jumat (13/8/2022), Konsul Jenderal RI Sydney Vedi Kurnia Buana menggarisbawahi hubungan baik antara Indonesia dan Australia yang telah terjalin sejak lama.

“Saat ini, Australia merupakan salah satu mitra penting Indonesia dalam bidang perdagangan, investasi, dan pariwisata,” ujar Vedi dalam sambutannya.

Dia menambahkan, kolaborasi perayaan HUT RI kali ini tidak hanya merefleksikan kuatnya people- to-people Indonesia dan Australia, tetapi juga menekankan pentingnya konservasi harimau Sumatera.

“Saya mengajak para hadirin untuk turut merayakan keberadaan Harimau Sumatera dengan cara turut berpartisipasi dalam upaya konservasinya,” ujar Vedi, sebagaimana rilis yang diterima Kompas.com.

Baca juga: Ajang Pemilihan Duta Mahasiswa Indonesia Permira 2022 Buka Rangkaian Peringatan HUT Ke-77 RI di Rusia

Direktur Eksekutif Taronga Zoo Simon Duffy menyampaikan, Tiger Trek merupakan simbol kuatnya hubungan Taronga Zoo, Australia, dan Indonesia.

“Sejak dibuka 2017, Tiger Trek telah dikunjungi setidaknya 4,3 juta pengunjung,” ujar Simon.

Simon juga mengapresiasi Pemerintah Indonesia yang telah berupaya maksimal dalam menurunkan tingkat deforestasi hingga 75 persen sejak krisis moneter pada akhir 1990-an.

Hal tersebut merupakan cerminan upaya produksi kelapa sawit ramah lingkungan (sustainable palm oil) yang berdampak positif pada upaya konservasi harimau Sumatera.

“Dalam perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia kali ini, saya mengajak kita semua untuk juga merayakan persahabatan antara masyarakat Indonesia dan Australia yang terjalin sangat kuat,” ucap Simon.

Baca juga: Rayakan HUT RRC, China Terbangkan 25 Pesawat Militer ke Taiwan

Acara dilanjutkan dengan pemotongan nasi tumpeng oleh Vedi dan Presiden IDN NSW Salut Muhidin.

Nasi tumpeng tersebut diberikan kepada Simon dan para staf konservasi Harimau Sumatera di Tiger Trek.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com