Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rayakan HUT RRC, China Terbangkan 25 Pesawat Militer ke Taiwan

Kompas.com - 02/10/2021, 09:49 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

TAIPEI, KOMPAS.com - Taiwan pada Jumat (1/10/2021) melaporkan, 25 pesawat militer China memasuki zona pertahanannya pada hari yang bertepatan dengan HUT Republik Rakyat China (RRC).

Kantor berita AFP mewartakan, ini merupakan inkursi terbesar yang dilakukan China di Taiwan selama beberapa bulan terakhir.

Unjuk kekuatan pada Hari Nasional China di Taiwan, yang diklaim Beijing sebagai bagian dari wilayahnya, juga terjadi pada pekan ketika menuduh Inggris mengirim kapal perang ke Selat Taiwan dengan niat jahat.

Baca juga: Kapal Perang Inggris untuk Kali Pertama Lewati Selat Taiwan

Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan, pihaknya mengerahkan pesawatnya untuk mengeluarkan peringatan pada Jumat, setelah 22 pesawat tempur China, dua pembom berkemampuan nuklir, dan satu pesawat anti-kapal selam memasuki Zona Identifikasi Pertahanan Udara (ADIZ) barat daya pulau itu.

China sering menerbangkan pesawat militer ke zona pertahanan udara Taiwan untuk menunjukkan ketidaksenangan, dan pekan lalu menerbangkan 24 pesawat ke zona tersebut setelah Taiwan mendaftar bergabung dengan pakta perdagangan trans-Pasifik.

Para pemimpin otoriter China telah bersumpah untuk merebut Taiwan suatu hari nanti, dengan paksa jika perlu.

China juga telah meningkatkan tekanan di Taipei sejak terpilihnya Presiden Tsai Ing-wen dalam pemilu 2016, yang memandang pulau itu sudah merdeka.

Baca juga: Taiwan Butuh Senjata Jarak Jauh dan untuk Lawan China

Tahun lalu, jet militer China membuat rekor 380 inkursi ke zona pertahanan Taiwan, dan total selama sembilan bulan pertama tahun ini sudah melebihi 500.

Inkursi pada Jumat adalah yang terbesar sejak 28 jet menerobios ADIZ Taiwan pada 15 Juni.

Itu terjadi setelah kapal perang Inggris melewati Selat Taiwan pada Senin (27/9/2021) untuk kali pertama sejak 2008.

Langkah tersebut menantang klaim Beijing atas Laut China Selatan, dan pelayaran yang jarang dilakukan oleh kapal militer non-AS.

Baca juga: Taiwan Sebut China Tukang Bully karena Kirim Jet Tempur ke Wilayahnya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com