Kompas.com - 01/07/2022, 23:49 WIB

BERLIN, KOMPAS.com - Sebuah masjid di Berlin pada Jumat (1/7/2022) menjadi yang pertama di Jerman mengibarkan bendera pelangi untuk mendukung komunitas LGBT.

Pengibaran dilakukan menjelang dua acara gay besar di kota itu bulan ini.

Masjid Ibn Rusyd-Goethe di kawasan Moabit membentangkan bendera menjelang shalat Jumat di depan kerumunan kecil, termasuk senator budaya Berlin Klaus Lederer.

Baca juga: Arab Saudi Sita Mainan Anak Warna Pelangi, Disebut Promosi LGBT

Banyak dari mereka yang hadir mengenakan stiker pelangi bertuliskan "Cinta itu Halal".

Masjid yang didirikan lima tahun lalu itu adalah satu-satunya masjid yang mengeklaim liberal di Jerman, dan membolehkan pria serta wanita shalat bersama, serta terbuka untuk jemaah LGBT.

Mo El-Ketab, salah satu dari enam Imam di masjid, mengatakan bahwa dia ingin masjid itu menyediakan tempat aman bagi orang-orang yang berbeda, sehingga mereka juga dapat merasakan sisi spiritual dari kehidupan.

“Saya berharap banyak masjid lain juga akan mengibarkan bendera dengan cara ini atau memberikan tanda-tanda positif lainnya bagi komunitas LGBT,” katanya dikutip dari AFP.

Baca juga:

Sebanyak dua acara besar untuk mendukung komunitas LGBT akan berlangsung di Berlin bulan ini, yaitu Lesbian and Gay Festival pada 16-17 Juli, dan Christopher Street Day (CSD) pada 23 Juli.

Marc-Eric Lehmann, anggota dewan CSD, mengatakan bahwa mengibarkan bendera memberi sinyal sangat kuat dan sangat penting untuk menemukan tempat bagi agama di komunitas LGBT.

"Kita seharusnya tidak hanya berbicara tentang ruang aman di bar dan klub di Berlin, kita juga harus berbicara tentang ruang aman di tempat ibadah," ujarnya.

Baca juga: 4 Keunikan Masjid Prophet Mohammed, Masjid Terbesar di Rusia yang Diresmikan Putin

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.