Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Masjid di Berlin Jerman Kibarkan Bendera Pelangi untuk Dukung LGBT

Pengibaran dilakukan menjelang dua acara gay besar di kota itu bulan ini.

Masjid Ibn Rusyd-Goethe di kawasan Moabit membentangkan bendera menjelang shalat Jumat di depan kerumunan kecil, termasuk senator budaya Berlin Klaus Lederer.

Banyak dari mereka yang hadir mengenakan stiker pelangi bertuliskan "Cinta itu Halal".

Masjid yang didirikan lima tahun lalu itu adalah satu-satunya masjid yang mengeklaim liberal di Jerman, dan membolehkan pria serta wanita shalat bersama, serta terbuka untuk jemaah LGBT.

Mo El-Ketab, salah satu dari enam Imam di masjid, mengatakan bahwa dia ingin masjid itu menyediakan tempat aman bagi orang-orang yang berbeda, sehingga mereka juga dapat merasakan sisi spiritual dari kehidupan.

“Saya berharap banyak masjid lain juga akan mengibarkan bendera dengan cara ini atau memberikan tanda-tanda positif lainnya bagi komunitas LGBT,” katanya dikutip dari AFP.

  • LGBT di AS Naik ke Angka Tertinggi Baru, 2 Kali Lipat Dibanding 2012
  • Nasib LGBT Afghanistan di Tengah Pemerintahan Taliban
  • Uni Eropa Dideklarasikan sebagai Zona Merdeka bagi LGBT

Sebanyak dua acara besar untuk mendukung komunitas LGBT akan berlangsung di Berlin bulan ini, yaitu Lesbian and Gay Festival pada 16-17 Juli, dan Christopher Street Day (CSD) pada 23 Juli.

Marc-Eric Lehmann, anggota dewan CSD, mengatakan bahwa mengibarkan bendera memberi sinyal sangat kuat dan sangat penting untuk menemukan tempat bagi agama di komunitas LGBT.

"Kita seharusnya tidak hanya berbicara tentang ruang aman di bar dan klub di Berlin, kita juga harus berbicara tentang ruang aman di tempat ibadah," ujarnya.

https://www.kompas.com/global/read/2022/07/01/234900770/masjid-di-berlin-jerman-kibarkan-bendera-pelangi-untuk-dukung-lgbt

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke