Kompas.com - 01/07/2022, 22:27 WIB

NURABAD, KOMPAS.com - Seorang ayah di Iran menembak mati anak perempuannya dengan shotgun karena bertemu dengan pria asing, menurut laporan media setempat pada Jumat (1/7/2022).

Dikutip dari kantor berita AFP, ayah tersebut menembakkan shotgun tepat di jantung anaknya.

Insiden seperti itu dikenal sebagai honor killing (pembunuhan demi kehormatan) dan sering terjadi di Iran, negara ultra-konservatif.

Baca juga: 5 Kasus Honor Killings Tersadis yang Sempat Menghebohkan Dunia

Kronologi bermula saat sang ayah bertengkar dengan putrinya yang berusia 16 tahun setelah dia bertemu dengan pria muda di kota Nurabad, Iran selatan, kata para aktivis perempuan.

Gadis itu melarikan diri ke rumah neneknya usai bertengkar dengan ayahnya, kemudian berkonfrontasi dengan orangtuanya tersebut.

"Saya tidak benar-benar berniat membunuh putri saya, saya tidak sengaja menembak," kata sang ayah dikutip situs berita Rokna.

"Saya pergi ke sana dengan senapan hanya untuk menakut-nakuti dia."

Baca juga:

Sang ayah yang berusia 43 tahun ditangkap dan mengakui kejahatannya, tambah Rokna.

Di Iran, seorang ayah tidak dikenakan hukuman mati jika dia membunuh anaknya.

Tidak ada statistik pasti tentang honor killing di Iran, tetapi kantor berita ISNA memperkirakan ada sekitar 375 hingga 450 kasus honor killing dalam setahun terakhir.

Menurut ISNA, honor killing mencakup sekitar seperlima dari kasus pembunuhan di Iran.

Baca juga: Kematian Misterius Meningkat di Lingkaran Pemerintahan Iran, Apa yang Terjadi?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.