Kompas.com - 01/07/2022, 21:05 WIB

KYIV, KOMPAS.com - Kabar dari perang Ukraina terkini, sekolah-sekolah di ibu kota Kyiv akan dibuka kembali saat awal tahun ajaran baru, 1 September 2022, kata pemerintah kota itu pada Jumat (1/7/2022).

Sekolah-sekolah Kyiv sekarang sedang libur musim panas dan semuanya menerapkan kelas online setelah invasi Rusia ke Ukraina pada 24 Februari.

"Tugas paling penting untuk tahun ajaran baru adalah keselamatan siswa dan guru," kata Olena Fidanyan kepala departemen pendidikan dan sains Kyiv, dikutip dari AFP.

Baca juga: Wali Kota Kyiv: Rusia Sekarat karena Ambisi Putin

Dia mengatakan, wilayah-wilayah yang berdekatan dengan sekolah akan diperiksa apakah ada bahan peledaknya. Tempat perlindungan dari bom di sekolah juga akan diisi kembali dengan air, obat-obatan, dan kebutuhan lainnya.

"Pada awal tahun ajaran, semua sekolah akan mengadakan pelatihan yang diperlukan dengan guru dan anak-anak tentang tindakan selama peringatan serangan udara" tambah Fidanyan tentang pembukaan sekolah Ukraina terkini.

Anak-anak yang belum dapat kembali ke Kyiv dapat belajar dari jarak jauh, lanjutnya.

Beberapa minggu setelah invasi, Rusia mengurangi aktivitas militernya di dekat Kyiv dan memfokuskan serangannya di wilayah Donbass, Ukraina timur.

Ratusan ribu penduduk Kyiv sudah kembali ke kota itu dalam beberapa pekan terakhir. Restoran, supermarket, dan bisnis-bisnis lainnya secara bertahap dibuka kembali untuk pengunjung.

Namun, serangan rudal Rusia di Ukraina terkini menghantam sebuah bangunan perumahan di Kyiv bulan lalu, menyebabkan satu orang tewas dan melukai beberapa lainnya.

Baca juga: Rusia Pakai Rudal Tua Era Soviet, Serangannya Banyak Meleset ke Situs Sipil Ukraina

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.