Kompas.com - 29/09/2021, 06:06 WIB
Kolase foto batik durian dalam Milan Fashion Week (MFW) 2021 di Milan, Italia. MFW 2021 berlangsung mulai 21 hingga 27 September 2021. KBRI ROMAKolase foto batik durian dalam Milan Fashion Week (MFW) 2021 di Milan, Italia. MFW 2021 berlangsung mulai 21 hingga 27 September 2021.

MILAN, KOMPAS.com – Menyadari kota Milan di Italia sebagai salah satu kota mode dan fesyen sekaligus menjadi barometer trend fesyen dunia, KBRI Roma memperkenalkan kain tradisional alias wastra Indonesia di ajang Milan Fashion Week (MFW) 2021.

KBRI Roma bekerja sama dengan perancang Indonesia Jenny Yohana Kansil (JYK), Batik Durian Lubuklinggau, sekolah fesyen Italia Istituto di Moda Burgo-Milan (IMBM), dan pihak terkait lainnya dalam menggelar cara tersebut.

Untuk edisi MFW Spring/Summer 2021, Batik Durian Lubuklinggau diperkenalkan dalam berbagai ajang program MFW 2021.

Baca juga: KBRI Sajikan Makanan Indonesia dalam Indonesian Week 2021

Pada 24-25 September 2021, Batik Durian Lubuklinggau juga ditampilkan dalam International Fashion Expo (IFE) di Palazzo Turati, Milan, sebagaimana rilis yang diterima Kompas.com.

Beberapa rancangan busana berbahan batik durian Lubuklinggau karya Jenny Kansil dihadirkan dalam kegiatan ini, termasuk sekitar 40 lembaran batik durian dalam berbagai motif, warna, dan jenis kain (katun maupun sutera).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Seorang pengajar IMBM, Biagio Belsito, secara telah membuat fashion moulage pada manekin dengan menggunakan enam lembar batik Durian Lubuklinggau dari berbagai motif.

“Rancangan ini saya sebut sebagai water fountain karena saya paham pentingnya air dalam proses penciptaan batik ini”, jelas Biagio.

Baca juga: Didukung KBRI Roma, Batik Durian Lubuklinggau Tampil di Milan Fashion Week 2021

Ajang IFE 2021 dibuka bersama oleh beberapa pihak, termasuk KBRI Roma. Mewakili Dubes RI Roma, Wakil Kepala Perwakilan (Wakeppri) RI di Roma Lefianna Hartati Ferdinandus menyampaikan pidato pembukaan pada 24 September 2021.

Dalam sambutannya, Lefianna menyampaikan apresiasinya kepada pihak-pihak terkait atas kerja sama penguatan diplomasi batik Indonesia di Italia.

“Sangat penting untuk terus memperkuat kehadiran (desainer) Indonesia dalam ajang MFW ini. Dengan partisipasi JYK tahun ini, Indonesia telah hadir secara terus menerus dalam tiga ajang MFW terakhir,” jelasnya.

Halaman:

Video Pilihan

Sumber Rilis
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.