Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dorong Ekspor Kopi Indonesia ke Norwegia, KBRI Oslo Gelar Coffee Cupping

Kompas.com - 09/09/2021, 08:16 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

Sumber Rilis

OSLO, KOMPAS.com – Sebanyak 17 kopi Indonesia dari jenis Gayo, Sidikalang, Enrekang, Toraja, Kintamani, dan Papua tersaji dalam acara Indonesian Coffee Cupping yang diikuti oleh professional cuppers atau pencicip kopi dari enam roastery terkemuka di Norwegia.

Acara ini diselenggarakan oleh Kedutaan Besar RI (KBRI) di Oslo, Norwegia, bekerja sama dengan Norsk Kaffeinformasjon alias Asosiasi Kopi Norwegia dan dukungan dari Kantor Perwakilan Bank Indonesia di London.

Duta Besar RI untuk Norwegia Todung Mulya Lubis mengatakan, acara tersebut digelar untuk mempromosikan dan mendorong ekspor kopi Indonesia ke Norwegia.

Baca juga: KBRI Panama City Bantu Pemakaman WNI yang Meninggal karena Covid-19

“Kami ingin lebih banyak kopi Indonesia tersedia di rak supermarket, tersedia di coffee shop dan kafe serta di rumah masyarakat Norwegia” ujar Todung, Selasa (7/9/2021).

Keenam roastery Norwegia yang melakukan eksplorasi cita rasa kopi Indonesia adalah Joh Johannson Kaffee, Solberg & Hansen, Black Cat Kaffe og Tehus, Lillehammer kaffebrenneri, Den Gyldne Bonne, dan Java & Moca Oslo.

Joh Johannson Kaffee adalah salah satu roastery dan perusahaan importir kopi terbesar yang memiliki market share kopi mayoritas di Norwegia.

Keikutsertaannya dalam acara tersebut membuka peluang besar bagi ekspor kopi Indonesia ke Norwegia sebagaimana rilis yang diterima Kompas.com dari KBRI Oslo.

Baca juga: KBRI Roma Gelar Upacara Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, Diwarnai Pakaian Adat

Kegiatan tersebut ini juga dihadiri oleh Alf Kramer, ketua pertama dari The Specialty Coffee Association of Europe dan dikenal sebagai “Mr. Coffee” di Norwegia.

“Kopi Indonesia memilki rasa unik dan khusus yang baik untuk speciality dan blend coffee. Yang perlu diperhatikan adalah konsistensi produksi untuk bisa menembus pasar Norwegia,” Jelas Alf.

Ke-17 kopi Indonesia yang tersaji ini adalah kontribusi dari 14 produsen dan eksportir kopi Indonesia dari Aceh, Sumatera Utara, Sulawesi Barat, Toraja, Bali, dan Papua.

Salah satu potret kegiatan Indonesian Coffee Cupping yang diikuti oleh professional cuppers atau pencicip kopi dari enam roastery terkemuka di Norwegia. Acara ini diselenggarakan oleh Kedutaan Besar RI di Oslo, Norwegia, bekerja sama dengan Norsk Kaffeinformasjon (Asosiasi Kopi Norwegia) dan dukungan dari Kantor Perwakilan Bank Indonesia di London.KBRI OSLO Salah satu potret kegiatan Indonesian Coffee Cupping yang diikuti oleh professional cuppers atau pencicip kopi dari enam roastery terkemuka di Norwegia. Acara ini diselenggarakan oleh Kedutaan Besar RI di Oslo, Norwegia, bekerja sama dengan Norsk Kaffeinformasjon (Asosiasi Kopi Norwegia) dan dukungan dari Kantor Perwakilan Bank Indonesia di London.

Mereka berpartipasi dan mengirim sampel biji kopi mentahnya ke KBRI di Oslo. Sebagian besar UMKM yang mengikuti kegiatan ini adalah hasil binaan program Bank Indonesia.

Walaupun berpenduduk hanya 5,4 juta, Norwegia merupakan negara konsumen kopi per kapita terbesar kedua di dunia dengan rata-rata konsumsi sebanyak 9,9 kilogram per kapita.

Baca juga: Bareng Warga Indonesia, KBRI London Bersepeda Pamer Baju Adat Nusantara

Sembilan dari sepuluh penduduk Norwegia meminum kopi setiap hari. Kopi yang dikonsumsi Norwegia adalah jenis kopi arabika yakni sebesar 97 persen.

Sementara kopi robusta pangsa pasarnya 3 persen yang mana utamanya digunakan sebagai campuran. Norwegia juga hanya mengimpor kopi dalam bentuk biji kopi mentah.

Kopi Indonesia merupakan salah satu speciality kopi yang dicari di Norwegia dengan jenis blend yang populer adalah Blu Java.

KBRI di Oslo terus mempromosikan kopi Indonesia untuk meningkatkan ekspor kopi Indonesia di Norwegia.

Produsen dan eksportir kopi Indonesia yang berminat untuk melakukan promosi ke pasar Eropa dapat menghubungi fungsi ekonomi KBRI di Oslo.

Baca juga: KBRI Roma Kukuhkan 4 Paskibra untuk HUT Kemerdekaan RI ke-76

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Rilis
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com