Penyanyi R Kelly Manfaatkan Status Superstar untuk Melakukan Pelecehan Seksual

Kompas.com - 29/09/2021, 03:42 WIB
R Kelly www.r-kelly.comR Kelly

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Penyanyi R Kelly dinyatakan bersalah karena memanfaatkan status superstarnya untuk melakukan aksi pelecehan seksual terhadap para wanita dan anak-anak selama dua dekade.

Ada 11 pendakwa, 9 perempuan dan 2 pria, bersuara dalam persidangan yang berlangsung selama 6 pekan untuk menggambarkan pelecehan seksual yang dilakukan oleh penyanyi superstar pria itu, seperti yang dilansir dari BBC pada Selasa (28/9/2021).

Setelah 2 hari berunding, juri pengadilan memutuskan bahwa bintang AS itu bersalah atas 9 dakwaan yang dia hadapi.

Baca juga: Dua Pria di India Alami Pelecehan Seksual dari Polisi, Diancam Bakal Dikirim ke Afghanistan

Hukumanya jatuh tempo pada 4 Mei dan Kelly bisa menghabiskan sisa hidupnya di balik jeruji penjara selama 10 tahun.

Kelly yang bernama lengkap Robert Sylvester Kelly, dinyatakan juri adalah biang keladi dari skema kekerasan dan pemaksaan yang memikat para wanita dan anak-anak agar dia melakukan pelecehan seksual.

Penyanyi superstar yang paling terkenal dengan lagu-lagu hit "I Believe I Can Fly" dan "Ignition (Remix)", juga didapati telah memperdagangkan wanita antar negara bagian AS yang berbeda.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bersamaan dengan 8 tuduhan perdagangan seks, Kelly dinyatakan bersalah melakukan pemerasan, tuduhan yang biasanya digunakan terhadap asosiasi kejahatan terorganisir.

Selama persidangan, jaksa merinci bagaimana manajer, penjaga keamanan, dan anggota rombongan lainnya bekerja sama untuk membantunya dalam bisnis kriminalnya.

Baca juga: Bob Dylan Dituduh Lakukan Pelecehan Seksual pada Tahun 1965

Pengadilan juga mendengar bagaimana Kelly secara ilegal memperoleh dokumen untuk menikahi Aaliyah ketika dia berusia 15 tahun pada 1994, tujuh tahun sebelum penyanyi itu meninggal dalam kecelakaan pesawat.

Sertifikat itu, yang bocor saat itu, mencantumkan usia Aaliyah sebagai 18 tahun. Pernikahan itu dibatalkan beberapa bulan kemudian.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Sumber BBC
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.