Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/08/2021, 10:57 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

Sumber Rilis

ROMA, KOMPAS.com – KBRI Roma menggelar upacara detik-detik Proklamasi Kemerdekaan dalam memeringati HUT ke-76 RepubIik Indonesia pada Selasa (17/8/2021).

Sekitar 100 peserta upacara memakai pakaian nasional dan baju adat dari berbagai daerah di Indonesia.

Selau inspektur upacara adalah Dubes RI Roma Esti Andayani. Selaku komandan upacara adalah Atase Pertahanan KBRI Roma Kolonel (E) Wachyad.

Baca juga: Bareng Warga Indonesia, KBRI London Bersepeda Pamer Baju Adat Nusantara

Dubes RI untuk Takhta Suci Vatikan L Amrih Jinangkung beserta istrinya Bertha Amrih Jinangkung juga menghadiri upacara tersebut. Para staf KBRI Roma dan staf KBRI Vatikan beserta keluarga turut hadir.

Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan ditandai dengan pemukulan gong sebanyak 17 kali lalu diikuti pembacaan teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dan teks Pancasila.

Selanjutnya, tiga pemuka agama masing-masing dari Islam, Kristen, dan Hindu secara bergiliran memanjatkan doa dan menyampaikan rasa syukur atas nikmat dan rahmat atas kemerdekaan Indonesia.

Tak lupa, doa untuk kesehatan serta keselamatan bagi seluruh rakyat Indonesia dan dunia dari pandemi Covid-19 juga dipanjatkan.

Baca juga: KBRI Roma Kukuhkan 4 Paskibra untuk HUT Kemerdekaan RI ke-76

Tiga anggota pasukan pengibar bendera (Paskibra) KBRI Roma berhasil menjalankan tugasnya untuk mengibarkan bendera merah putih.

Masing-masing anggota Paskibra KBRI Roma tersebut bernama Daniswara Zayna Windriyani Waskito, Ahmad Rizqi Al Zidan, dan Felice Irwanda.

Upacara ditutup dengan persembahan lagu-lagu nasional oleh 25 peserta aubade KBRI Roma yang terdiri dari anak-anak, pengurus Dharma Wanita Persatuan (DWP) KBRI Roma, dan suami dari para staf KBRI Roma.

Mereka menyanyikan 3 lagu nasional yaitu Hari Merdeka, Berkibarlah Benderaku, dan Indonesia Pusaka. Penampilan aubade dimeriahkan dengan lambaian bendera merah putih dari peserta anak-anak tim aubade.

Baca juga: KBRI London Gelar Promosi Gastronomi Indonesia di Inggris

Usai upacara bendera, Esti menyematkan penghargaan Satyalancana Karya Satya kepada perwakilan penerima penghargaan.

Pada 2021 ini, ada dua staf KBRI Roma yang menerima penghargaan Satyalancana Karya Satya XX dan 2 dua staff Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Milan yang menerima Satyalancana Karya Satya X.

Sebagai ungkapan rasa syukur atas kemerdekaan Indonesia, Esti melaksanakan tradisi pengerukan tumpeng dan menyerahkannya kepada Dubes RI Vatikan, perwakilan Paskibra, perwakilan Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI), dan wakil masyarakat WNI atau diaspora Indonesia.

Setelah itu, Esti didampingi Amrih membuka display hasil lomba fotografi dan lomba menggambar online dengan tema Ceria Merdeka KBRI Roma 2021, serta foto-foto kenangan pelaksanaan HUT Kemerdekaan RI selama periode 2017-2020.

Baca juga: Jelang HUT Ke-76 RI, KBRI Roma Peringati Hari Anak Nasional dan Ceria Merdeka

Halaman:
Sumber Rilis
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com