Pesawat Tak Dikenal Hantam Pangkalan Milisi Iran di Suriah Timur

Kompas.com - 28/09/2021, 21:34 WIB
Ilustrasi pesawat nirawak. SHUTTERSTOCKIlustrasi pesawat nirawak.

DAMASCUS, KOMPAS.com - Pesawat tak dikenal menghantam pangkalan yang dijalankan oleh milisi yang didukung Iran di provinsi timur Suriah Deir al Zor, dekat perbatasan Irak, di mana Teheran tahun lalu memperluas kehadiran militernya.

Melansir Jerusalem Post, penduduk dan sumber militer pada Senin (27/9/2021) mengatakan serangan itu terjadi di selatan kota Mayadeen di sepanjang Sungai Efrat.

Baca juga: Pria Suriah di Lebanon Tewas Menelan Bensin

Lokasi itu telah menjadi pangkalan utama bagi beberapa milisi Syiah, sebagian besar dari Irak, sejak militan ISIS diusir hampir empat tahun lalu.

Milisi yang didukung Iran disiagakan untuk berpatroli di jalan-jalan. Ambulans terlihat bergegas ke gurun pinggiran kota setelah beberapa ledakan terdengar,” kata dua penduduk melansir Jerusalem Post.

"Milisi yang panik menyerukan pejalan kaki dan mobil untuk mengosongkan pusat kota dan jalan-jalan utama di sekitarnya," ujar Ahmad al Shawi, seorang warga kepada Reuters dalam sebuah pesan teks.

Milisi sekarang menguasai kota suku mayoritas Sunni, seiring dengan berkembangnya kehadiran kelompok itu di seluruh provinsi Deir al Zor, menurut penduduk dan sumber militer.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: ISIS Kembali Menyerang, Ledakkan Pipa Gas Bumi Suriah

Serangan udara itu tidak segera dilaporkan di media pemerintah Suriah, yang sebelumnya membantah bahwa ribuan milisi yang didukung Iran dikerahkan di sebagian besar negara itu.

Israel, yang khawatir dengan pengaruh regional Iran yang berkembang dan kehadiran militer di Suriah, mengatakan melakukan ratusan serangan di Suriah untuk memperlambat kubu Iran.

Selama tahun lalu, serangan oleh pesawat tak berawak Israel telah terkonsentrasi di kota perbatasan Albu Kamal, tenggara Mayadeen, yang terletak di rute pasokan strategis untuk milisi yang didukung Iran yang secara teratur mengirim bala bantuan dari Irak ke Suriah.

Milisi yang didukung Iran juga mengendalikan sebentang wilayang yang besar di perbatasan sisi Irak.

Sumber-sumber intelijen Barat mengatakan Israel memperluas serangan udara terhadap
dugaan transfer dan penyebaran senjata oleh milisim, yang didukung Iran dan sekutu Hizbullah Lebanon mereka yang mendukung Presiden Suriah Bashar al-Assad.

Baca juga: 5 Tahun Mengungsi dan Tinggal Bali akibat Perang, WN Suriah Pulang ke Negaranya

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.