Gubernur Texas: Pemerintah Biden Sangat Kacau, Penanganan Krisis Migran Sama Buruknya dengan Evakuasi Afganistan

Kompas.com - 18/09/2021, 14:23 WIB
Ribuan migran Haiti yang tinggal di kamp sementara di kolong jembatan kota Del Rio, Texas. [SS/YOUTUBE/NBC NEWS] SS/YOUTUBE/NBC NEWSRibuan migran Haiti yang tinggal di kamp sementara di kolong jembatan kota Del Rio, Texas. [SS/YOUTUBE/NBC NEWS]

AUSTIN, KOMPAS.com - Gubernur Texas Greg Abbott mengecam Joe Biden "benar-benar kacau" menangani krisis migran di perbatasan AS-Meksiko karena membludaknya jumlah migran Haiti yang berkemah di kolong jembatan Texas, yaitu mencapai sekitar 12.000 jiwa.

Gubernur Texas mengumumkan dia mengirim pasukan Garda Nasional dan perwira dengan Departemen Keamanan Publik Texas ke pelabuhan masuk negara bagian untuk "mencegah penyeberangan" migran Haiti ke AS.

Abbott juga membandingkan krisis migran Haiti di perbatasan AS-Meksiko dengan penarikan pasukan AS yang kacau dari Afghanistan.

",  benar-benar kacau dan penanganan krisis perbatasan sama buruknya dengan evakuasi Afghanistan," ujar Abbott, seperti yang dilansir dari Daily Mail pada Jumat (17/9/2021).

Baca juga: Jangan Tinggalkan Masyarakat Afghanistan Sendirian, Permohonan Warga dari Kamp Migran

Abbott membuat pengumuman pada Kamis (16/9/2021), hanya beberapa jam setelah dia mengatakan dia menutup 6 pelabuhan masuk, dan menuduh pemerintahan Biden tidak mendukung upayanya untuk "mengamankan perbatasan".

Sekitar 12.000 migran Haiti telah berkumpul di Pelabuhan Masuk Del Rio dan berkemah di kamp sementara di kolong Jembatan Internasional di kota Del Rio, Texas, dalam beberapa hari terakhir.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dikatakan bahwa jumlah migran Haiti telah membludak setelah Joe Biden menghentikan penerbangan untuk mendeportasi para migran.

Rekaman udara terbaru yang diambil oleh Fox News pada Jumat (17/9/2021), mengungkapkan arus migran Haiti terus menyeberangi sungai Rio Grande dari Meksiko ke Texas dan bergabung untuk berkemah di kolong jembatan kota Del Rio, Texas yang kacau.

Rekaman udara diambil oleh koresponden nasional Fox News dari helikopter Keamanan Publik Texas (TPS).

Baca juga: Negara Bagian India Mulai Lakukan Vaksinasi Covid-19 pada Pekerja Migran

 

Pemerintahan Biden dituduh berusaha menutupi tingkat krisis migran di perbatasan AS-Meksiko dengan mengeluarkan larangan terbang di atas perbatasan AS-Meksiko.

Halaman:

Sumber Daily Mail
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.