Kompas.com - 10/09/2021, 07:51 WIB
Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip bersama beberapa anggota keluarga kerajaan lainnya saat perayaan Trooping the Colour di Istana Buckingham, London, 17 Juni 2017. SHUTTERSTOCK/LORNA ROBERTSRatu Elizabeth II dan Pangeran Philip bersama beberapa anggota keluarga kerajaan lainnya saat perayaan Trooping the Colour di Istana Buckingham, London, 17 Juni 2017.

LONDON, KOMPAS.com – Ratu Elizabeth II dari Inggris dan anggota keluarga kerajaan lainnya disebut mendukung gerakan Black Lives Matter (BLM).

Hal tersebut disampaikan perwakilan senior Istana Buckingham, Lord-Lieutenant of London Ken Olisa, kepada Channel 4 News dalam sebuah wawancara.

Melansir Reuters, Kamis (9/9/2021), Olisa merupakan Lord-Lieutenant of London berkulit hitam pertama.

Baca juga: Keluarga Kerajaan Inggris Tak Boleh Konsumsi Makanan Ini

Jabatan tersebut merupakan perwakilan pribadi raja atau ratu Inggris di Greater London.

Dalam wawancaranya tersebut, Olisa mengatakan bahwa dia membahas topik rasialisme dengan para bangsawan Inggris mengenai gelombang protes yang dipicu oleh kematian George Floyd.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

George Floyd adalah pria kulit hitam yang terbunuh pada Mei 2020 ketika seorang polisi Minneapolis, AS, berlutut di lehernya.

Kematiannya membangkitkan gerakan protes berskala besar atas banyaknya kematian orang kulit hitam yang tidak adil di tangan penegak hukum.

Baca juga: Kecemasan Kerajaan Inggris Jelang Dirilisnya Buku Pangeran Harry

Gerakan BLM yang memperjuangkan kulit hitam lantas semakin populer saat itu.

Ketika ditanya apakah Istana Buckingham mendukung BLM, Olisa menjawab, “Jawaban mudahnya iya.”

“(Ras) adalah topik pembicaraan yang hangat. Pertanyaannya adalah, apa lagi yang bisa kita lakukan untuk mengikat masyarakat untuk menghilangkan hambatan ini,” ujar Olisa.

Halaman:

Video Pilihan

Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.