Kompas.com - 19/06/2021, 12:33 WIB

TEHERAN, KOMPAS.com - Pemungutan suara dalam pemilihan presiden atau pilpres Iran sudah selesai, menurut laporan tv pemerintah.

Dikabarkan juga beberapa TPS memperpanjang waktu dua jam agar pemilih yang datang terlambat bisa tetap memberikan suara.

“Tempat pemungutan suara wajib menerima surat suara selama ada orang di tempat pemungutan suara,” kata Kementerian Dalam Negeri pada Jumat (18/6/2021) dalam pernyataan yang dikutip Al Jazeera.

Baca juga: 4 Alasan Menentukannya Pilpres Iran bagi Barat

Hampir 60 juta pemilih yang memenuhi syarat memberikan suara mereka dalam pemilu Iran, di tengah kekhawatiran atas rendahnya jumlah pemilih.

Dewan Wali, badan pemeriksaan konstitusi beranggotakan 12 orang di bawah Pemimpin Tertinggi Ali Khamenei, melarang ratusan kandidat termasuk reformis dan orang-orang yang bersekutu dengan presiden sekarang, Hassan Rouhani.

Selain itu, rendahnya antusiasme pemilih juga disebabkan banyaknya diskualifikasi kandidat dan malaise ekonomi yang mendalam.

Inflasi pun meningkat dan PHK di mana-mana serta diperburuk oleh pandemi Covud-19.

TPS dibuka pukul 7 pagi waktu setempat dan seharusnya ditutup tengah malam, tetapi kemudian diperpanjang. Hasilnya diperkirakan keluar Sabtu siang (19/6/2021).

Baca juga: Menanti Presiden Baru Iran, Tokoh Garis Keras Diprediksi Menang

Siapa saja capres Iran?

Kepala kehakiman yang konservatif, Ebrahim Raisi, secara luas dipandang sebagai kandidat terdepan.

Dorsa Jabbari dari Al Jazeera melaporkan. tampaknya Raisi mendapat banyak dukungan.

Halaman:
Sumber Al Jazeera

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.