Publik Geger, Menlu Iran Sebut Militer Seret Teheran ke Perang Saudara Suriah

Kompas.com - 28/04/2021, 14:57 WIB
Menteri Luar Negeri Iran Mohammed Javad Zarif. TEHRAN TIMESMenteri Luar Negeri Iran Mohammed Javad Zarif.

TEHERAN, KOMPAS.com – Sebuah rekaman suara Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif yang mengeluhkan Garda Revolusi Iran mendominasi kebijakan luar negeri Iran bocor ke publik.

Dalam rekaman tersebut, Zarif juga mengeluhkan bahwa angkatan bersenjata Iran tersebut menyeret Teheran ke dalam perang saudara Suriah atas perintah Rusia.

Rekaman suara yang bocor tersebut membuat publik Iran geger. Banyak netizen di media sosial menjadi heran sebagaimana dilansir BBC, Selasa (27/4/2021).

Baca juga: Kapal Patroli AS Lepaskan Tembakan Peringatan ke Kapal Iran

Kebocoran rekaman suara tersebut mengungkapkan beberapa pernyataan Zarif mengenai kebijakan luar negeri Iran yang disetir Garda Revolusi Iran.

Perkataan Zarif dalam rekaman suara tersebut seakan mengonfirmasi beberapa tuduhan yang dialamatkan kepada Iran. Tidak jelas siapa yang membocorkan rekaman itu.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Rekaman suara itu bocor ke publik ketika Iran bersiap mengadakan pemilihan presiden dan perebutan kekuasaan internal.

Zarif menegaskan, dia bukanlah kandidat yang tepat untuk menggantikan Presiden Iran Hassan Rouhani. Namun, kelompok garis keras tidak mempercayainya dan ingin menghilangkan kemungkinan itu terjadi.

Rekaman itu disinyalir bakal membuat Zarif menghadapi masalah besar dengan kelompok garis keras dan Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei.

Baca juga: AS Kirimi Iran Detail Sanksi yang Berpotensi Dicabut untuk Capai Kesepakatan Nuklir

Khamenei memiliki kekuasaan paripurna atas semua yang menyangkut pemerintahan Iran dan mengendalikan Garda Revolusi Iran.

Di sisi lain, sebuah surat kabar di Iran menggambarkan berita itu sebagai sebuah skandal.

Halaman:

Sumber BBC
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X