Joe Biden Tunjuk Kamala Harris untuk Bendung Arus Migrasi ke AS

Kompas.com - 25/03/2021, 07:43 WIB
Kamala Harris ketika diambil sumpahnya sebagai Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) didampingi suaminya, Doug Emhoff, pada 20 Januari 2021. AFP PHOTO/BRENDAN SMIALOWSKIKamala Harris ketika diambil sumpahnya sebagai Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) didampingi suaminya, Doug Emhoff, pada 20 Januari 2021.

WASHINGTON DC, KOMPAS.com – Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden pada Rabu (24/3/2021) menunjuk Wakil Presiden AS Kamala Harris untuk membendung arus migrasi ke AS.

Harris akan memimpin AS dalam upaya tersebut bersama dengan Meksiko dan negara-negara Segitiga Utara di Amerika Tengah.

Dia menyanggupi tugas tersebut dan bersedia bekerja sama dengan negara-negara itu.

Keputusan Biden tersebut memberikan tugas penting kepada Harris, putri imigran yang memiliki reputasi sebagai sekutu pendukung imigrasi.

Baca juga: Trump Prediksi Kamala Harris Akan Gantikan Biden Jadi Presiden AS

Sebagai mantan Jaksa Agung California, Harris sempat berurusan dengan masuknya banyak anak di bawah umur tanpa pendamping di perbatasan AS dengan Meksiko pada 2014.

Tugas tersebut merupakan tugas yang disertai dengan beberapa risiko politik bagi Harris, calon presiden di masa depan.

Kesengsaraan perbatasan telah menjadi masalah yang sulit diselesaikan bagi banyak presiden AS sebagaimana dilansir Reuters, Kamis (25/3/2021).

Biden menjabat dalam peran yang sama dengan Harris ketika dia menjadi Wakil Presiden AS di bawah pemerintahan Presiden As Barack Obama.

Baca juga: Rasialisme Ada di Amerika dan Meningkat, Biden-Harris Berseru untuk Hentikan Itu

Kala itu, Obama menugaskan Biden untuk menangani upaya diplomatik dengan Amerika Tengah. Biden lantas mengangkat masalah migrasi sebagai prioritas utama.

Kini, selama dua bulan pertama menjabat sebagai Presiden AS, Biden berjuang menangani tantangan migrasi yang berkembang di sepanjang perbatasan AS dengan Meksiko.

Halaman:

Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X