Desa di India Gelar "Nobar" dan Pesta Rayakan Pelantikan Kamila Harris

Kompas.com - 21/01/2021, 18:26 WIB
Penduduk desa melepaskan petasan dan memegang plakat yang menampilkan Wakil Presiden AS Kamala Harris setelah pelantikannya, di Thulasendrapuram Rabu (20/1/2021). AP PHOTO/AIJAZ RAHIPenduduk desa melepaskan petasan dan memegang plakat yang menampilkan Wakil Presiden AS Kamala Harris setelah pelantikannya, di Thulasendrapuram Rabu (20/1/2021).

THULASENDRAPURAM, KOMPAS.com - Sebuah desa kecil di India turut merayakan pelantikan bersejarah Kamala Harris sebagai perempuan kulit hitam Asia-Selatan pertama yang menjabat Wakil Presiden Amerika Serikat (AS).

Melansir AP pada Kamis (21/1/2021), mereka bersorak "Hidup Kamala Harris", menyalakan kembang api dan memanjatkan doa.

Orang-orang berkumpul dan pergi kuil Hindu di India selatan. Mereka bersama menyaksikan Harris, yang memiliki akar leluhur dari desa tersebut, mengambil sumpah jabatannya pada Rabu (20/1/2021) di Washington DC.

Sekelompok wanita dengan sari cerah dan pria mengenakan celana dhoti putih menyaksikan pelantikan secara langsung, saat wartawan menyiarkan perayaan desa tersebut kepada jutaan orang India.

Penduduk desa meneriakkan "Hidup Kamala Harris" sambil memegang potret dirinya dan menyalakan kembang api saat dia mengambil sumpah.

Baca juga: Breaking News: Kamala Harris Resmi Jadi Wakil Presiden AS

Perdana Menteri India Narendra Modi menyebut pengangkatan Harris menjadi Wakil Presiden AS sebagai peristiwa bersejarah.

Modi berharap dapat berinteraksi dengan wanita 56 tahun itu, untuk memperkuat hubungan India-AS.

Sebelumnya, desa-desa menghiasi kuil mereka dengan bunga. Doa khusus juga dipanjatkan untuk kesuksesan Harris.

Kakek dari pihak ibu Haris lahir di desa Thulasendrapuram, sekitar 350 kilometer (215 mil) dari kota pesisir selatan Chennai.

“Kami merasa sangat bangga bahwa seorang keturunan India terpilih sebagai wakil presiden AS,” kata guru Anukampa Madhavasimhan.

Halaman:

Sumber AP
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X