India Tahan Semua Ekspor Utama Vaksin Covid-19 AstraZeneca, Distribusi Covax Terancam

Kompas.com - 25/03/2021, 06:51 WIB
Seorang petugas layanan kesehatan menunjukkan botol dan sekotak vaksin AstraZeneca, 19 Maret 2021. REUTERS/MASSIMO PINCA via VOA INDONESIASeorang petugas layanan kesehatan menunjukkan botol dan sekotak vaksin AstraZeneca, 19 Maret 2021.

NEW DELHI, KOMPAS.com - India menahan sementara semua ekspor utama suntikan virus corona AstraZeneca yang dibuat oleh Serum Institute of India (SII), pembuat vaksin terbesar di dunia.

Melansir Reuters pada Rabu (23/3/2021), penundaan dilakukan untuk memenuhi permintaan domestik seiring dengan meningkatnya infeksi di Negara Asia Selatan itu.

Langkah ini akan memengaruhi pasokan ke program berbagi vaksin Covax yang didukung GAVI / WHO. Di mana lebih dari 180 negara diharapkan mendapatkan dosis vaksin Covid-19.

Covax sejauh ini telah menerima 17,7 juta dosis AstraZeneca dari SII. Total pengiriman yang ditargetkan berasal dari India adalah 60,5 juta dosis.

Banyak negara mengandalkan program ini untuk mengimunisasi warganya.

Situs kementerian luar negeri India menunjukkan belum ada ekspor vaksin keluar dari negara itu sejak Kamis (18/3/2021), ketika negara itu memperluas upaya imunisasinya sendiri.

"Segala sesuatu yang lain (termasuk program Covax) telah disingkirkan, setidaknya untuk saat ini," kata salah satu sumber Reuters.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: AS: AstraZeneca Mungkin Pakai Informasi Usang di Uji Coba Vaksinnya

Kedua sumber memiliki pengetahuan langsung tentang masalah tersebut, tetapi menolak memberikan penjelasan lebih lanjut karena diskusi tersebut tidak bersifat publik.

"Tidak ada ekspor, tidak ada apa-apa sampai situasi India stabil. Pemerintah tidak akan mengambil kesempatan besar pada saat begitu banyak orang perlu divaksinasi di India."

Kementerian luar negeri India dan SII tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Halaman:
Baca tentang

Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X