Kompas.com - 16/02/2021, 13:20 WIB
Ngozi Okonjo-Iweala dari Nigeria menjadi wanita pertama yang memimpin WTO AFP PHOTO/FABRICE COFFRININgozi Okonjo-Iweala dari Nigeria menjadi wanita pertama yang memimpin WTO

GENEVA, KOMPAS.com - Ngozi Okonjo-Iweala dikukuhkan sebagai Direktur Jenderal Organisasi Perdagangan Dunia pada Senin (15/2/2021). Dia menjadi wanita pertama dan orang Afrika pertama yang memimpin badan perdagangan global.

Okonjo-Iweala ditunjuk oleh WTO setelah kandidat saingan terakhir yang tersisa, Menteri Perdagangan Korea Selatan Yoo Myung-hee, mundur dari pencalonan.

Dia akan mengambil jabatannya pada 1 Maret, untuk masa jabatan yang berlangsung hingga Agustus 2025.

Sebagai seorang ekonom dan mantan Menteri Keuangan Nigeria, Okonjo-Iweala menikmati dukungan luas dari anggota WTO termasuk Uni Eropa, Cina, Jepang dan Australia. Tapi Amerika Serikat, di bawah pemerintahan Trump, lebih menyukai Yoo.

Baca juga: Direstui Biden, Ekonom Nigeria Siap Jadi Wanita Kulit Hitam Pertama yang Pimpin WTO

Reformasi mendalam

WTO didirikan pada 1995 dengan tujuan mempromosikan perdagangan terbuka untuk kepentingan semua.

Badan ini merundingkan dan mengatur aturan untuk perdagangan internasional dan mencoba menyelesaikan perselisihan di antara 164 anggotanya.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tetapi organisasi tersebut kerap berjuang untuk mencegah pertengkaran perdagangan di antara negara-negara anggota, terutama Amerika Serikat dan China.

Badan yang bermarkas di Jenewa itu tidak memiliki Direktur Jenderal permanen sejak Roberto Azevêdo mengundurkan diri, setahun lebih awal dari yang direncanakan pada Agustus.

Okonjo-Iweala telah mengakui perlunya reformasi.

"Rasanya mengasyikkan dan sekaligus menakutkan. Saya menantikan tantangan reformasi mendalam diperlukan untuk mengubah citra dan mengubah posisi organisasi," katanya saat wawancara dengan Christiane Amanpour dari CNN.

Baca juga: Konflik Dagang dengan China Memanas, Australia Mengadu ke WTO

Halaman:
Baca tentang

Sumber CNN
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X