Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biden Rencana Beli 200 Juta Vaksin Covid-19 Lebih Banyak

Kompas.com - 27/01/2021, 07:48 WIB
Shintaloka Pradita Sicca

Penulis

Sumber REUTERS

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Pemerintah Joe Biden akan membeli 200 juta lebih vaksin virus corona dan menyalurkan lebih banyak ke negara bagian dari sekarang.

Pejabat pemerintah Biden mengatakan langkah itu mulai dilakukan untuk memenuhi janji presiden AS ke-46 dalam mengendalikan pandemi Covid-19 di negeri Paman Sam itu, pada Selasa (26/1/2021).

Biden yang baru menjabat presiden AS sepekan disebutkan sedang berpacu menahan varian baru virus corona yang menyebar lebih cepat dan dapat mengancam peningkatan jumlah kematian di seluruh AS, yang telah terpukul parah.

Baca juga: AS Gelontorkan Semua Dosis Vaksin Covid-19 untuk Perluas Akses Masyarakat

Melansir Reuters pada Rabu (27/1/2021), pihaknya memberikan briefing kepada para gubernur negara bagian pada Selasa (26/1/2021) tentang rencana peningkatan jumlah vaksin Covid-19 yang akan didistribusikan ke sana.

Direncanakan ada 10 juta dosis vaksin Covid-19 setiap pekan selama 3 pekan. Jumlahnya naik 8,6 juta dosis dari saat ini, menurut pejabat dengan syarat anonim, yang melihat pratinjau kebijakan presiden yang belum dibahas.

Sementara itu, sebanyak 100 juta dosis vaksin Covid-19 yang akan dibeli Biden terdiri dari produk Pfizer Inc dan Moderna Inc.

Baca juga: Pengiriman Lambat, New York Sudah Kehabisan Vaksin Covid-19

Dengan pembelian itu, maka jumlah keseluruhan dosis vaksin Covid-19 yang akan dimiliki AS meningkat menjadi 600 dosis.

Diharapkan pengiriman pada musim panas dan distribusinya akan mencakup sebagian besar dari 331 juta penduduk AS.

Setiap orang mendapatkan 2 dosis suntikan vaksin Covid-19 agar sepenuhnya efektif.

Baca juga: Lebih dari 150 Garda Nasional yang Berjaga di Pelantikan Joe Biden Positif Covid-19

Pemerintah juga berjanji untuk memberikan pemberitahuan kepada negara bagian tiga minggu sebelumnya tentang berapa banyak vaksin yang akan mereka dapatkan ke depannya.

Biden menjadikan penanganan pandemi Covid-19 sebagai masalah inti dalam kampanye pemilihan presidennya, tetapi pada hari-hari awalnya, pemerintah telah mengirimkan pesan yang beragam tentang kapan tepatnya vaksin akan diberikan sepenuhnya.

Pada Senin (25/1/2021), Biden mengatakan yakin mungkin saja memiliki 150 juta dosis vaksin yang diberikan dalam 100 hari pertamanya menjabat presiden AS.

Baca juga: Biden Sebut Korban Meninggal Covid-19 di AS Sama Seperti Korban Tewas Perang Dunia II

Namun, sekretaris pers Biden, Jen Psaki mengatakan itu bukanlah penyesuaian resmi dari target saat ini.

“Presiden dan timnya telah bekerja sepanjang waktu selama 6 hari terakhir untuk membuat kemajuan yang berarti dalam memvaksinasi sebanyak mungkin orang,” kata Psaki.

Biden diperkirakan akan berbicara lebih banyak tentang program vaksin Covid-19 pada pukul 16.45 EST (21.45 GMT) dari Gedung Putih.

Baca juga: Joe Biden Janji Vaksinasi 100 Juta Rakyat AS dalam 100 Hari

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com