Ini 2 Negara Pertama yang Ditelepon Joe Biden, Bahas Apa Saja?

Kompas.com - 23/01/2021, 11:45 WIB
Presiden Joe Biden berpidato dalam pelantikannya di Gedung Capitol, Washington DC, Rabu (20/1/2021). AP PHOTO/PATRICK SEMANSKYPresiden Joe Biden berpidato dalam pelantikannya di Gedung Capitol, Washington DC, Rabu (20/1/2021).

WASHINGTON DC, KOMPAS.com – Presiden Amerika Serikat ( AS) Joe Biden melakukan telepon luar negeri pertamanya sebagai panglima tertinggi AS pada Jumat (22/1/2021).

Dalam panggilan telepon tersebut, Biden menelepon Perdana Menteri (PM) Kanada Justin Trudeau dan Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador.

Panggilan Biden ke Trudeau terjadi setelah PM Kanada tersebut secara terbuka menyatakan kekecewaannya atas salah satu keputusan Biden.

Keputusan yang dimaksud adalah perintah eksekutif yang menghentikan pembangunan pipa minyak Keystone XL sebagaimana dilansir dari The Independent.

Baca juga: Joe Biden Serukan Ancaman dari Dalam Negeri, Sebut Kemunculan Gerakan Ekstremis Domestik

Proyek yang telah lama disengketakan itu diproyeksikan membawa sekitar 800.000 barel minyak per hari.

Minyak tersebut diangkat dari pasir ter di Alberta ke Pantai Teluk Texas, melewati Montana, South Dakota, Nebraska, Kansas, dan Oklahoma.

Dalam percakapan pribadi kedua kepala negara itu, Biden mengatakan kepada Trudeau bahwa dengan mengeluarkan perintah, dia menindaklanjuti janji kampanye untuk menghentikan pembangunan pipa.

Hal itu dilaporkan oleh seorang pejabat senior Pemerintah Kanada mengatakan kepada Associated Press.

Baca juga: Lebih dari 150 Garda Nasional yang Berjaga di Pelantikan Joe Biden Positif Covid-19

Pejabat itu berbicara dengan syarat anonim untuk membahas percakapan pribadi antara Biden dan Trudeau.

Gedung Putih mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Biden, selama percakapan, mengakui kekecewaan Trudeau dengan keputusan pembatalan pembangunan pipa minyak Keystone XL.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X