Demo Ricuh Melanda 2 Kota AS Beberapa Jam Usai Pelantikan Joe Biden

Kompas.com - 22/01/2021, 15:15 WIB
Sekelompok pedemo berlindung dengan tameng mereka dari gas air mata yang ditembakkan polisi, dalam demo pada Rabu (20/1/2021), di luar gedung Imigrasi dan Bea Cukai Amerika Serikat, Portland, Oregon. ASSFAULT PIRATES via APSekelompok pedemo berlindung dengan tameng mereka dari gas air mata yang ditembakkan polisi, dalam demo pada Rabu (20/1/2021), di luar gedung Imigrasi dan Bea Cukai Amerika Serikat, Portland, Oregon.

LOS ANGELES, KOMPAS.com - Demonstrasi yang berujung ricuh terjadi di Portland dan Seattle, Amerika Serikat (AS), beberapa jam usai pelantikan Joe Biden sebagai presiden.

Kantor imigrasi federal dan kantor Partai Demokrat menjadi sasaran amuk massa dalam demo pada Rabu (20/1/2021) itu.

Diwartakan AFP, sekitar 150 orang merusak kantor Partai Demokrat negara bagian Oregon pada Rabu sore, lalu massa dengan jumlah yang sama menyerbu gedung Imigrasi dan Bea Cukai federal di Portland malam harinya.

Baca juga: Ruang Kerja Joe Biden, Penuh Lukisan dan Patung Tokoh Ternama

"Beberapa orang membawa senjata PepperBall, senjata elektrik, kembang api besar, tameng dan batu," kata juru bicara polisi Portland, Kevin Allen.

"Polisi federal melepaskan tembakan pengendali kerumunan," tambahnya tetapi tidak menyebutkan jenisnya. Sedikitnya 8 orang ditangkap.

Afiliasi lokal CBS, KOIN 6 News, melaporkan ada tembakan seperti gas air mata, granat setrum, serta amunisi yang tidak terlalu mematikan seperti PepperBall.

Baca juga: Biden Pecat Direktur VOA yang Bebas Tugaskan Koresponden Asal Indonesia

Halaman:

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X