Persatuan Dokter Seluruh Dunia Sambut Perjanjian Larangan Senjata Nuklir

Kompas.com - 22/01/2021, 13:53 WIB
Ilustrasi Dokter KOMPAS.com/NURWAHIDAHIlustrasi Dokter

KOMPAS.com – Mulai berlakunya Perjanjian Larangan Senjata Nuklir (TPNW) PBB disambut dengan hangat oleh World Medical Association ( WMA), sebuah organisasi persatuan dokter di seluruh dunia.

Perjanjian tersebut merupakan perjanjian internasional yang melarang senjata nuklir dengan tujuan akhir adalah penghapusan totalnya.

Perjanjian tersebut ditandatangani pada 20 September 2017 mulai berlaku pada Jumat (22/1/2021).

Baca juga: Biden akan Perpanjang Perjanjian Pembatasan Senjata Nuklir AS-Rusia

Perjanjian tersebut sekarang menjadi bagian dari hukum internasional dan mengikat negara-negara yang meratifikasinya.

Dalam sebuah pernyataan, Presiden WMA David Barbe mengatakan ini adalah langkah penting menuju pencegahan perang nuklir sebagaimana rilis yang diterima oleh Kompas.com.

“Covid-19 telah menunjukkan kebutuhan vital bagi dunia untuk bersatu melawan pandemi mematikan. Dengan cara yang sama, dunia harus bersatu untuk melarang senjata nuklir yang lebih mematikan,” ujar Barbe.

Baca juga: AS Jalankan Taktik Perang Saat Trump Pergi dengan “Bola Nuklir” Masih Bersamanya

Barbe menekankan tanggung jawab anggota WMA untuk mengingatkan pemerintah mereka tentang konsekuensi kesehatan yang mengerikan dari penggunaan senjata nuklir.

Dia juga mengimbau agar anggota WMA di mendesak pemerintah negara tempat tinggal mereka untuk membersihkan dunia dari senjata nuklir.

“Sebagai dokter, kita memiliki kewajiban untuk menjaga kehidupan, menjaga kesehatan pasien, dan mengabdikan diri untuk melayani umat manusia,” imbuh Barbe.

Baca juga: Perancis Tuduh Iran Kembangkan Senjata Nuklir, Ini Jawaban Teheran

Halaman:

Sumber Rilis
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X