Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/01/2021, 16:35 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Sebuah potongan video yang viral memerlihatkan mantan Presiden AS Bill Clinton "tidur" saat pidato Joe Biden.

Momen itu terjadi setelah Biden diambil sumpahnya sebagai presiden ke-46 AS, di Gedung Capitol, Washington DC, pada Rabu (20/1/2021).

Selayaknya pemimpin yang baru dilantik, presiden tertua dalam sejarah "Negeri Uncle Sam" itu memberikan pidato.

Baca juga: Mantan Presiden Obama, Bush, dan Clinton Kompak Sukarela akan Kampanyekan Vaksinasi Covid-19

Saat itulah, kamera kemudian berpindah dan menyoroti satu persatu mantan presiden hingga politisi yang hadir di Gedung Capitol.

Tak terkecuali Bill Clinton. Presiden AS periode 1993 sampai 2001 itu nampak mengatupkan matanya seperti orang tidur.

Momen itu pun tertangkap netizen, dan menjadi viral di media sosial. Kebanyakan mereka melontarkan candaan atas peristiwa tersebut.

"Seseorang tolong bangunkan Bill. Di di sana sedang terkantuk-kantuk," ulas salah satu warganet dikutip Daily MIrror Kamis (21/1/2021).

Netizen lainnya menyebut, bagian yang paling seru dari pelantikan Biden adalah melihat Clinton seperti susah membuka matanya.

"Mungkin di malam sebelumnya dia tidak bisa tidur. jadi dia mengantuk," ujar warganet mengomentari eks presiden berusia 74 tahun itu.

Ini bukan kali pertama mantan Gubernur Arkansas itu terlihat mengantuk saat menghadiri sebuah upacara kenegaraan.

Pada 2004, Clinton juga terekam menutup matanya bersama istirnya, Hillary Clinton, saat pemakaman mantan Presiden Ronald Reagan.

"Jika saya bisa beristirahat, katakanlah 15 sampai 20 menit di siang hari, itu akan sangat melegakan bagi saya," ujar dia kala itu.

Dia menuturkan jika dia menjalani hari yang begitu padat sehingga kurang tidur, dia akan mengimbanginya dengan olahraga.

Setelah itu, dia akan beristirahat selama 15 menit sampai paling lama setengah jam. "Itu akan memberi perbedaan besar," ungkapnya.

Baca juga: Eks Presiden AS Bill Clinton Sebut Pemerintahan Trump Kacau, Terutama soal Penanganan Covid-19

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com