AS Klaim 7 Pimpinan Senior Al Qaeda Tewas dalam Serangan Udara

Kompas.com - 27/10/2020, 16:06 WIB
Ilustrasi Serangan Udara oleh Jet Tempur. ThinkstockIlustrasi Serangan Udara oleh Jet Tempur.

WASHINGTON DC, KOMPAS.com – Sebanyak tujuh pemimpin senior Al Qaeda diyakini telah terbunuh dalam sebuah serangan udara Amerika Serikat ( AS) di Suriah.

Serangan tersebut dilakikan pekan lalu ketika para pemimpin kelompok tersebut menggelar pertemuan di dekat Idlib, Suriah.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Komando Pusat AS pada Senin (26/10/2020) sebagaimana dilansir dari Associated Press.

Juru Bicara Komando Pusat AS, Mayor Beth Riordan, mengatakan serangan tersebut dilancarkan pada Kamis (22/10/2020) pekan lalu.

Baca juga: Orang Kedua Al Qaeda Dibunuh Pasukan Afghanistan, Masuk Daftar Teroris Paling Dicari FBI

Dia mengatakan terbunuhnya ketujuh pimpinan Al Qaeda tersebut akan menghambat rencana serangan yang akan mereka lancarkan.

"Kematian para pemimpin Al Qaeda ini akan mengganggu kemampuan organisasi teroris tersebut untuk merencanakan dan melakukan serangan global lebih lanjut yang mengancam warga AS, mitra kami, dan warga sipil yang tidak bersalah," kata Riordan.

Dia menambahkan Al Qaeda mengambil keuntungan dari ketidakstabilan politik di barat laut Suriah untuk membangun tempat perlindungan yang aman guna mengoordinasi kegiatan terorisme.

“Bersama sekutu dan mitra kami, kami akan terus menargetkan Al Qaeda dan organisasi teroris lainnya,” sambung Riordan.

Baca juga: 19 Tahun Tragedi 11 September 9/11, Apa Al-Qaeda Masih Jadi Ancaman?

Kendati demikian, Riordan tidak memerinci identitas ketujuh pemimpin senior Al Qaeda yang diyakini telah tewas tersebut.

Di tempat lain, Afghanistan mengklaim telah membunuh seorang pemimpin senior Al Qaeda yang masuk dalam daftar Teroris Paling Dicari oleh Biro Investigasi Federal (FBI).

Halaman Selanjutnya
Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X